Di Indonesia, ada sejumlah PO bus yang menyediakan servis bintang 5 yang menjamin kenyamanan. Penasaran?
Autos.id – Servis atau pelayanan menjadi kunci sukses bagi Perusahaan Otobus (PO) dalam mengembangkan bisnisnya. Bahkan, beberapa perusahaan tidak segan-segan menyediakan bus dengan layanan bintang 5.
Saat ini, PO bus bersaing untuk memberikan pelayanan terbaik dengan menyediakan armada eksklusif. Bahkan, pemain baru pun tak ragu untuk menyediakan bus premium guna menarik minat penumpang.
Mereka menawarkan armada yang mewah dan nyaman, fasilitas yang lengkap, dan pelayanan dari kru yang ramah, sehingga mereka sebanding dengan hotel bintang 5.
Deretan PO Bus dengan Servis Bintang 5
1. PO Rosalia Indah
Bus “Sultan Palur” dari PO Rosalia Indah dikenal dengan pelayanan yang sangat baik dan armada yang mewah serta nyaman. Bahkan, Rosalia Indah memegang rekor MURI sebagai Perusahaan Otobus dengan armada Double Decker terbanyak yang dilengkapi dengan pramugara dan pramugari di Indonesia.
Kelas tertinggi yang tersedia di PO Rosalia Indah adalah First Class yang dapat diakses di dalam bus double decker. Penumpang di kelas ini akan diberikan pelayanan penuh oleh pramugara atau pramugari yang bertugas. Penumpang juga akan mendapatkan camilan dan air mineral selama perjalanan. Selain itu, pramugara atau pramugari yang bertugas akan menawarkan berbagai macam makanan, seperti iga bakar, steak, dan lainnya.
Ketika tiba di tempat istirahat untuk istirahat makan, penumpang First Class akan ditempatkan di ruangan yang berbeda dan ber-AC untuk memberikan kenyamanan yang lebih.
2. PO Nusantara
PO Nusantara terkenal dengan layanan yang sangat baik dan armada bus yang mewah dan nyaman. Perusahaan ini berbasis di Jalan Getas Pejaten, Kudus, Jawa Tengah, dan menawarkan layanan bintang 5 dengan bus tingkat yang disebut Conqueror.
PO Nusantara membangun bodi bus mereka di pabrik karoseri milik sendiri, yaitu Nusantara Gemilang (Nusgem). Bus ini memiliki tampilan depan yang mirip dengan Avante milik karoseri Tentrem, dengan kaca depan yang cenderung jenong, namun Nusgem tidak menggunakan bando.
Salah satu fitur unik dari bus ini adalah pada dek atas, setiap baris memiliki satu kursi di bagian depan. Ini memberikan privasi yang lebih besar dan juga ruang gerak yang lebih bebas bagi penumpang.
3. PO Harapan Jaya
PO Harapan Jaya memiliki Sleeper Class yang menawarkan layanan bintang lima dengan jaminan kenyamanan di sepanjang perjalanan. Bahkan, bus ini memiliki layanan kursi pijat yang terdapat di bagian paling belakang, yang bisa digunakan oleh seluruh penumpang.
Perusahaan yang bermarkas di Tulung Agung, Jawa Timur ini juga memberikan layanan berupa AVOD, air mineral, kopi dan teh, serta souvenir berupa sandal yang bergambarkan bus PO Harapan Jaya.
4. PO Indorent
PO Indorent, perusahaan asal Yogyakarta, juga menawarkan layanan bintang 5 dengan berbagai fasilitas dan pelayanan dari kru di sepanjang perjalanan. Kursinya juga memiliki konfigurasi 2-1 yang membuat ruangan terasa lebih luas.
Untuk mendapatkan tiket PO Indorent, pengguna dapat dengan mudah memesannya melalui aplikasi Indorent. Bahkan, penumpang yang sudah memesan tiket dapat memantau posisi bus yang akan mereka tumpangi.
PO Indorent juga menjadi bus dengan pelayanan pramugari yang akan menawarkan kopi atau teh saat bus baru berjalan. Bahkan, kru akan memayungi penumpang satu per satu apabila saat service makan atau turun ke tempat tujuan hujan.
5. PO Juragan 99
PO Juragan 99, perusahaan otobus baru di jalur AKAP, telah menggebrak dengan armada mewah dan nyaman. Penumpang harus antri selama berbulan-bulan untuk mendapatkan tiket.
Kursi First Class dengan model sleeper menjadi yang paling diincar oleh pengguna bus dengan rute Jakarta-Malang atau sebaliknya. Namun, hanya tersedia dua nomor, membuat antreannya sangat panjang. Salah satu alasan kursi ini menjadi incaran adalah model sleeper yang ditempatkan di dek atas paling depan. Ini membuat pandangan menjadi lebih luas dan penumpang akan merasa sangat nyaman.
Untuk mengatasi antrean yang panjang, PO Juragan 99 juga menawarkan kelas bisnis dengan konfigurasi 1-1-1. Pengaturan kursinya sudah full electric dan dilengkapi dengan pemijat pada masing-masing kursi.
Service makanannya juga terbilang cukup mewah dan PO Juragan 99 bekerja sama dengan beberapa perusahaan otobus lain untuk menyediakan makanan bagi penumpangnya. Salah satunya adalah restoran Rosin Subang, yang menyediakan beberapa menu mewah bagi penumpang First Class.
Sumber: Berbagai sumber