9 Jenis Pintu Mobil yang Unik dan Keren

admin


Tak hanya tipe mobil yang bermacam-macam, pintu mobil pun juga banyak jenisnya!

Jakarta, Autos – Jika membahas perkembangan mobil saat ini, sepertinya tak ada habisnya. Banyak perusahaan produsen mobil berlomba-lomba berinovasi menciptakan terobosan mobil yang canggih dan keren. Selain komponen mesin dan desain interior-eksterior yang bermacam-macam, komponen bodi mobil juga tak luput dari kreatifitas desainer mobil. Salah satunya adalah pintu mobil.

Ternyata hingga saat ini, sudah ada 9 jenis pintu mobil yang bentuknya mulai dari biasa hingga unik dan keren. Penasaran bagaimana kesembilan jenis pintu mobil itu? Berikut berbagai jenis pintu mobil di bawah ini :

1. Conventional Doors

Jenis Pintu Mobil Conventional doors

Conventional doors atau pintu konvensional termasuk ke dalam pintu standar yang pembuatannya paling mudah dan ekonomis. Pintu ini memiliki engsel di bagian samping depan tiap pintu yang sistem bukanya berayun dari badan mobil ke luar.
Dibandingkan dengan jenis pintu mobil lainnya, pintu ini umumnya dianggap aman karena kemungkinan tidak akan terbuka saat dikendarai. Jika pintu dibuka selama mobil berjalan dengan kecepatan berapapun, hambatan angin akan bekerja untuk menjaga pintu tetap tertutup. Jenis pintu ini paling banyak digunakan oleh mobil-mobil dari berbagai tipe.

2. Sliding Doors

Jenis Pintu Mobil Sliding doors

Jenis Pintu Mobil Sliding doors

Sesuai namanya, jenis pintu mobil ini dioperasikan dengan cara digeser ke samping mobil karena memiliki suspensi di tiga titik. Banyak yang mengklaim bahwa Sliding doors adalah pintu mobil yang paling mudah digunakan dan aman. Selain itu, pintu ini juga menjadikan akses keluar masuk penumpang dan barang lebih mudah tanpa khawatir menyenggol mobil lain atau benda di sekitarnya. Sehingga, mobil dengan sliding door dapat diparkir di tempat yang cenderung sempit karena tidak butuh ruang lebih untuk bukaan pintu.
Namun, mobil ini tergolong cukup mahal untuk diaplikasikan ke suatu mobil. Sliding doors pertama kali dikenalkan oleh mobil Kaiser Darrin pada tahun 1954. Kini, jenis pintu mobil ini bisa ditemukan pada mobil van, minivan, bus, kendaraan kargo. Bahkan meluas ke tipe mobil MPV seperti Toyota Alphard, Honda Freed, Nissan Serena, dan lain sebagainya.

3. Scissor Doors

Jenis Pintu Mobil Scissor doors

Jenis Pintu Mobil Scissor doors

Scissor doors termasuk ke dalam jenis pintu yang unik dan membuat tampilan mobil lebih keren. Seperti pintu konvensional, engsel Scissor doors terletak di sudut atas depan mobil, menggunakan sambungan menyerupai gunting. Alhasil, pintu terbuka secara vertikal ke atas sekitar 90 – 130 derajat. Pintu mobil ini memungkinkan mobil dapat diparkir di area parkir yang sempit. Namun, pintu ini berisiko menabrak langit-langit garasi mobil jika garasi Anda tidak tinggi.
Pintu ini juga punya nama lain, diantaranya switchblade door, swing-up door, wing door, dan lambo door. Penamaan Lambo door diperoleh karena Scissor doors banyak dijumpai di mobil-mobil sport Lamborghini. Tak heran jika Scissor doors menjadi trademark Lamborghini.

4. Gullwing Doors

Jenis Pintu Mobil Gullwing doors

Jenis Pintu Mobil Gullwing doors

Sesuai namanya, jenis pintu mobil ini terinspirasi dari kepakan sayap burung camar sehingga pintu ini akan terbuka ke atas. Engsel pintunya pun ada di bagian atas mobil yang dapat terbuka sekitar 27,5 sentimeter. Gullwing doors atau Falcon Wing doors memungkinkan pengguna mobil dapat akses keluar masuk mobil dengan lebih leluasa. Tetapi jika mobil dengan jenis pintu ini mengalami kecelakaan hingga membuat mobil terguling atau terbalik, maka pengguna mobil akan kesusahan menyelamatkan diri. Mobil yang paling ikonik karena menerapkan pintu ini adalah Mercedes-Benz 300 SL dan Tesla Model X 2010.

5. Butterfly Doors

Jenis Pintu Mobil Butterfly doors

Jenis Pintu Mobil Butterfly doors

Banyak yang salah mengira jika Butterfly doors sama dengan Scissor doors karena alasan sama-sama berengsel di sudut depan atas bingkai mobil. Padahal kedua jenis pintu mobil ini memiliki bentuk engsel yang berbeda sehingga bukaannya pun juga berbeda. Engsel pintu jenis Butterfly doors ini membuat pintu akan terbuka lebih lebar ke atas dan sedikit ke samping yang mana sisi dalam pintu menghadap ke bawah. Adapun beberapa tipe mobil dari berbagai merk yang menggunakan jenis pintu ini adalah Ferrari Enzo, Mercedes-Benz SLR, BMW Z1, dan McLaren F1.

6. Suicide Doors

Jenis Pintu Mobil Suicide doors

Jenis Pintu Mobil Suicide doors

Jenis pintu mobil keren nan unik selanjutnya adalah Suicide doors. Sekilas pintu mobil baris depan memiliki bukaan yang sama seperti mobil pada umumnya. Namun, yang membuatnya beda adalah pintu barisan kedua memiliki engsel yang terletak di samping belakang mobil. Sehingga arah bukaan pintu baris kedua akan ke arah belakang. Usut punya usut, jenis pintu mobil ini terinspirasi dari pintu kereta kuda yang menjadi transportasi umum pada abad ke-20.
Alasan diberi nama Suicide doors adalah pintu mobil ini dianggap tak aman bagi penumpang. Hal ini dikarenakan jika pintu tidak terkunci saat mobil bergerak, angin dapat membuka pintu mobil sehingga menyebabkan penumpang jatuh dari mobil. Di balik kekurangan pintu mobil ini, Suicide doors memungkinkan penumpangnya untuk keluar masuk mobil dengan lebih leluasa. Kini, Anda bisa menemukan jenis pintu ini pada beberapa mobil keluaran Rolls-Royce dan Opel.

7. Canopy Doors

Jenis Pintu Mobil Canopy doors

Jenis Pintu Mobil Canopy doors

Kemungkinan besar Anda belum pernah melihat mobil dengan jenis pintu seperti ini. Meskipun terlihat sangat unik dan futuristik, produsen mobil belum banyak mengaplikasikan pintu ini di mobil mereka. Kalaupun ada, mungkin hanya sekedar digunakan untuk mobil konsep atau prototype.
Canopy doors mengadaptasi cara kerja pintu pesawat tempur yang kaca depan serta atapnya adalah satu kesatuan dan dapat terbuka lebar. Engsel pintu dapat ditempatkan di posisi apa pun (samping, belakang atau depan) dan dapat bergerak ke atas, ke samping atau ke depan untuk memudahkan akses penumpang. Jenis pintu mobil ini masih banyak kekurangannya, salah satunya adalah akses keluar masuk penumpang akan sulit di kondisi cuaca buruk seperti hujan dan salju.

8. Swan Doors

Jenis Pintu Mobil Swan doors

Jenis Pintu Mobil Conventional doors

Swan doors adalah pengembangan lanjut dari Conventional doors yang sama-sama memiliki engsel pintu di samping depan dan terbuka ke depan. Hanya saja perbedaan Swan doors dengan Conventional doors adalah pintu sedikit terangkat sehingga pintu minim benturan dengan benda di sekitar bawah mobil. Jika diperhatikan, mobil dengan Swan doors akan terlihat anggun layaknya seekor angsa. Jenis pintu mobil ini bisa ditemukan pada mobil Chevrolet Corvette Stingray, Hennessey Venom GT, Jaguar C-X 75, dan Aston Martin DB9.

9. Dihedral Doors

Jenis Pintu Mobil Dihedral doors

Jenis Pintu Mobil Dihedral doors

Jenis pintu mobil unik terakhir adalah Dihedral doors. Pintu ini adalah hibrida dari jenis pintu Scissor doors. Namun, perbedaannya terletak pada bukaan pintu yang bergerak ke luar, sementara pada saat yang sama berputar 90 derajat pada engsel pintu.
Engsel yang digunakan akan menopang seluruh pintu dan mekanisme bukaan pintu. Pintu dihedral adalah desain terbaru di industri mobil, namanya berasal dari istilah geometri. Beberapa model mobil yang populer menggunakan tipe pintu ini adalah Koenigsegg Agera, Agera R, dan Agera RS, Koenigsegg CC8S, CCR, CCX, One:1 dan Regera.

Bagaimana menurut Anda tentang kesembilan jenis pintu mobil di atas? Berbagai jenis pintu mobil tadi dapat memungkinkan Anda untuk memamerkan gaya supaya menonjol dari keramaian. Namun, pastikan Anda utamakan membeli mobil yang terjamin keamanannya di setiap bagian mobil ya! (nia/Tim Autos)

Comments

comments









Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

https://www.got.web.id/