Apa Istilah Spot Order Dalam Pembelian Mobil? Ini Penjelasannya

admin


Meskipun memiliki beberapa kelemahan, nyatanya pembelian mobil dengan status “Spot Order” ini punya beberapa kelebihan yang mungkin bisa Anda pertimbangkan sebelum membelinya.

Autos.id – Dalam setiap pembelian mobil, pastinya Anda sering mendengar kata “Spot Order”. Pada dasarnya produk mobil dengan status “Spot Order” ini, Anda harus menunggu waktu lebih lama untuk bisa mendapatkan produk mobil yang memang Anda inginkan tersebut.

Biasanya beberapa produk dari Toyota memiliki status “Spot Order” yang artinya Anda harus menunggu lebih lama di bandingkan produk mobil lainnya.

Mengenal Spot Order

Pada dasarnya, Anda bisa membeli produk mobil yang masih berstatus “Spot Order” ini. Dengan kata lainnya Anda bisa melakukan pemesanan mobil secara normal ke Dealer dan membayar sejumlah uang seperti uang muka misalnya.

Hanya saja, produk dengan status “Spot Order” ini merupakan produk yang kurang laku di pasaranatau belum di persiapkan di lini produksi pabrik tersebut. Karena di pabrik perakitan sendiri, lini mobil yang di produksi merupakan mobil yang memang banyak di pesan atau menjadi volume maker dari brand tersebut.

Kelemahan lainnya dari membeli mobil secara “Spot Order” adalah dari segi harga. Harga mobil yang di beli dengan sistem “Spot Order” ini tidak mengikat. Artinya Anda akan membayar dengan harga yang sesuai dengan harga ketika unit mobil tersebut datang. Artinya ada kemungkinan bahwa bisa saja Anda mendapatkan harga mobil yang jauh lebih mahal di bandingkan waktu pemesanan.

Meskipun harus menunggu dalam waktu yang tergolong lama, sebenarnya ada beberapa keuntungan dari membeli mobil berstatus “Spot Order” ini. Misalnya Anda bisa memilih warna unik yang mungkin tidak tersedia dalam versi produksi standar.

Selain itu, Anda sebenarnya juga bisa memilih fitur-fitur apa saja yang ingin Anda masukan ke mobil yang Anda beli tersebut. Sayangnya, beberapa spot order yang tersedia oleh pabrikan sendiri tidak bisa memilih seperti layaknya custom produk itu sendiri.

Malah kesannya beberapa pabrikan sendiri gunakan spot order untuk hindari penumpukan mobil yang mereka pasarkan tadi. Sehingga, tidak ada namanya diskon ataupun potongan besar sama sekali.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

https://www.got.web.id/