Apa Itu HSTC? Fitur yang Terdapat pada Sepeda Motor Produksi Honda

admin


Honda merupakan merek kendaraan roda dua yang terkenal, dan beberapa produknya sudah dilengkapi fitur HSTC.

Autos.id – Sejumlah produk sepeda motor besutan Honda diketahui sudah memiliki fitur HSTC (Honda Selectable Torque Control). Hanya saja masih banyak pemilik motor produk Honda yang tidak paham dengan fungsi dari fitur tersebut.

Diambil dari berbagai sumber, fungsi dari fitur HSTC adalah untuk membatasi torsi mesin seandainya terdapat perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang. Dengan begitu, pengendara dapat menghindari potensi ban selip.

Fitur HSTC (Honda Selectable Torque Control) pada motor Honda. (Sumber: Astra Honda Motor)

Untuk fitur HSTC (Honda Selectable Torque Control) ini sendiri sudah terdapat pada sejumlah model motor produksi Honda, misalnya: Honda PCX 160, Honda ADV 160, Honda Forza, Honda CBR 1000RR, Honda X-ADV 750, Honda CRF 1000L Africa Twin dan Honda Gold Wing.

Sementara membahas cara kerjanya, fitur HSTC akan aktif secara otomatis pada sejumlah model motor besutan Honda, yaitu PCX 160 dan ADV 160. Dimana fitur tersebut langsung aktif saat kunci kontak diputar ke posisi on.

Kemudian bagi pemilik kendaraan yang ingin mencoba torsi mesin yang lebih kuat, fitur HSTC bisa di non-aktifkan dengan cara menekan tombol multi-switch. Sedangkan untuk model ‘Big Bike’ Honda, cara mengaktifkan fitur ini hanya perlu menekan tombol yang ada di bagian setang sepeda motor sebelah kiri ke posisi on, dimana menon-aktifkannya hanya perlu memindahkan tombol yang sama ke posisi off.

Sebagai catatan, fitur HSTC (Honda Selectable Torque Control) ini sebaiknya diaktifkan atau di non-aktifkan ketika kendaraan dalam posisi berhenti.

Mengenai cara kerjanya, fitur tersebut bekerja karena sensor yang ada pada setiap rodam tepatnya ketika mendeteksi perbedaan kecepatan putaran roda depan dan belakang.

Cara kerja fitur HSTC.

Cara kerja fitur HSTC. (Sumber: Astra Honda Motor)

Lalu hal tersebut dikirimkan ke ECU, dan kemudian diteruskan ke ETC (Engine Torque Control) agar pengapian mesin diputus. Setelahnya, maka kerja mesin otomatis berhenti yang membuat penyaluran torsi mesin ke roda belakang terputus sehingga tidak terjadi selip.

Jadi melihat cara kerja dan fungsinya, fitur HSTC ini seperti kebalikan dari ABS (Anti-lock Braking System). Diketahui sebelumnya bahwa fungsi ABS adalah agar traksi tidak hilang saat pengendara mengerem mendadak.

 

Sumber: Berbagai sumber

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

https://www.got.web.id/