Bagaimana Jadinya Bila Porcshe 911 Dijadikan Mobil Rally Dakar, Seperti Ini Tampilannya

admin


Mobil Porcshe 911 Safari ini didesain khusus untuk bisa digunakan di medan off-road dan ajang balap rally seperti Rally Dakar.

Autos.id – Bila berbicara mengenai Porcshe 911, bisa dibilang merupakan salah satu sports car yang banyak digunakan untuk kebutuhan performa tinggi dan digunakan di jalanan aspal hingga Sirkuit. Dan pada event Los Angles Auto Show 2022, Porsche meluncurkan 911 yang bisa digunakan untuk ajang balap Rally Dakar dengan kemampuan yang kini bisa diajak off-road.

Mobil edisi spesial ini diberi nama oleh Porsche sebagai 911 Safari yang memang disiapkan untuk digunakan di ajang Rally Dakar.

Mobil Sport Bernuanasa Rally

Dikutip dari Motor1, Porsche 911 Safari dijual dalam jumlah yang terbatas yaitu sebanyak 2.500 unit saja. Berbagai ubahan dihadirkan oleh Porsche pada 911 Safari yang disiapkan untuk mobil rally ini. Pada dasarnya, mobil ini mengambil konsep dari Rally Design Package yang menggambarkan mobil yang pernah digunakan Porsche pada Rally Paris-Dakar tahun 1984.

Ubahan terbesar dibandingkan 911 standar adalah jelas dari Ground Clearence-nya. Jarak dari mobil ke tanah ditinggkan 50 mm untuk mengakomodir kemampuan Off-Road. Selain itu Porsche juga memberikan suspensi sport agar mobil ini bisa melawati berbagai medan yang sulit.

Bagaimana Jadinya Bila Porcshe 911 Dijadikan Mobil Rally Dakar, Seperti Ini Tampilannya

Tidak ketinggalan, sebagai mobil untuk rally, Porcshe 911 Safari ini juga dibekali dengan sistem lift standar untuk menjaga kestabilan mobil saat bermanuver di medan ekstrim. Selain itu, mobil ini juga dibekali dengan pengaturan ketinggian suspensi yang memungkinkan mobil ini bisa berjalan sambil off-road dalam kecepatan 170 km/jam. Dan juga ketinggian suspensi ini juga bisa diturunkan secara otomatis untuk beberapa kondisi tertentu.

Dan untuk menunjang kapabilitas off-road, dari segi kaki-kaki juga diberi ubahan. Mobil ini menggunakan ban khusus Off-Road yaitu Pirelli Scorpion All Terain Plus. Untuk ukuran sendiri dibagian depan menggunakan ukuran 245/45 ZR19 sedangkan di belakang menggunakan ban yang lebih besar yaitu berukuran 295/40 ZR20.

Bagaimana Jadinya Bila Porcshe 911 Dijadikan Mobil Rally Dakar, Seperti Ini Tampilannya

Di bagian interior, meskipun akan menjadi sebuah mobil Rally yang tangguh juga digunakan untuk Off-Road, mobil ini masih mempertahankan desain sepeti 911 pada umumnya. Mulai dari penggunaan stir, instrument cluster, entertainment system dan tuas transmisi yang masih sama. Tidak ketingfalan, penggunaan jok bucket dengan aksen warna biru yang memperlihatkan kesan yang sporty pada mobil ini.

Lalu dari segi mesin, Porcshe 911 Safari untuk Rally Dakar ini menggunakan mesin 3.000 cc, 6 silinder Twin Turbo. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 480 PS dan torsi mencapai 570 Nm. Mesin tersebut disalurkan ke empat roda dengan transmisi PDK atau Dual Clutch 8 speed. Mobil ini bisa berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 3,2 detik saja.

Bagaimana Jadinya Bila Porcshe 911 Dijadikan Mobil Rally Dakar, Seperti Ini Tampilannya

Sebagai sebuah mobil yang memang didesain untuk Off-Road dan Rally, mobil ini dibekal dua mode berkendara yaitu Off-Road dan Rally. Dua mode berkendara ini akan memberikan respon mesin, transmisi, serta penggerak yang bisa disesuaikan untuk kebutuhan. Serta semua mode berkendara ini akan mengatur penggerak All-Wheel Drive pada mobil ini dan tingkat suspensi pada mobil ini sesuai kebutuhan.

Sebagai stanadar, mobil ini menggunakan kaca yang jauh lenih ringan serta beberapa pengurangan material untuk membuat mobil ini menjadi jauh lebih enteng. Yang menarik mobil ini sekarang hanya memiliki bobot sebesar 1.650 kg saja. Untuk anda yang tertarik, sayangnya mobil ini belum dijual di Indonesia dan baru tersedia di Amerika Serikat dengan harga 223.40 Dolar Amerika atau setara Rp 3,51 Miliyar.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

https://www.got.web.id/