Beli Mobil Listrik? Jangan Karena FOMO!

admin


Autos.id – Beli Mobil Listrik adalah hal baru terutama bagi sebagian orang merupakan hal menarik tatkala mereka sendiri ingin gunakan sebagai kendaraan harian.

Bahkan kendaraan ini jadi bagian dari semacam gaya hidup baru berkelanjutan atau sustainable living. Pasalnya, banyak orang membeli Mobil Listrik itu karena lihat orang lain punya tapi dirinya sendiri belum punya.

ada istilah FOMO (Fear Out Missing Out), Mana tren ini berkembang pesat terutama bagi sebagian orang yang tak mau ketinggalan hype dengan mobil listrik.

Alhasil, banyak yang beli mobil dengan tenaga listrik tersebut namun tidak memikirkan beberapa hal penting. Baik itu spesifikasi mobilnya maupun after sales. Asal murah dan cicilan ringan beli mobil tersebut.

Lantas apa yang kita lakukan supaya tidak terlalu FOMO dan berupaya agar bisa lebih bijak dan paham sebelum membeli mobil listrik. Untuk itu simak terlebih dahulu beberapa hal penting yang perlu kalian perhatikan bila punya keinginan membeli mobil.

 

Cek Spesifikasi Mobil Listrik

Biasanya Spesifikasi mobil listrik itu berbeda satu sama lain. Baik dari segi kapasitas baterai dan jarak tempuh dalam satuan KiloWatt per Hour.

Terkadang orang lupa kalau pengisian daya dan jenis colokan berpengaruh sekali. Untuk itu, cek secara mendetail sebelum membeli dan pastikan semuanya sesuai dengan kebutuhan kamu.

Periksa Daya Listrik Rumah Memadai apa Tidak?

Shell juga telah menyediakan fasilitas pengisian daya Shell Recharge

Terkadang membeli mobil listrik itu tidak seperti membeli mobil biasa. Karena mobil biasa butuh garasi, otomatis tidak ada tambahan apapun.

Sedangkan Mobil Listrik sendiri butuh namanya Wall Charging terus kabel yang mengarah ke MCB dan Meteran PLN dan masih banyak lagi. Belum lagi pembagian arus listrik utama dan tegangan juga  jadi perhatian. Bisa-bisa malah tegangan rumah tidak kuat dan berujung pada mati lampu.

Kalau membangun sistem meteran prabayar dari PLN sendiri bakal keluar dana yang tidak sedikit. Belum lagi instalasi Home Charger.

Selain itu, mencari SPKLU pun juga terbilang sedikit merepotkan, karena harus mencari dan antri bahkan menunggu hingga 30 menit sampai 1 jam tersendiri.

Garansi Baterai Mobil Listrik Cukup Panjang

Bukan semata menakuti, cuma memberitahu kalau beli mobil terutama listrik itu harus berikan garansi atau perlindungan selama mungkin.

Alasannya simpel, karena teknologi baru dan belum banyak yang bisa lakukan di pinggir jalan. Otomatis akan sulit sekali terutama perbaikan buat mobil listrik tersebut. Bahkan beberapa kasus ada yang harus ganti baterai secara utuh lagi.

Agar tidak terjadi masalah seperti ini, coba untuk melihat garansi dari pabrikan apa sudah cukup untuk melindungi dan penggantian saat bermasalah pun gratis apa tidak.

Hal seperti ini patut kita tanyakan sebelum membeli mobil listrik tersebut. Toh, tidak ada masalahnya bukan?

 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

https://www.got.web.id/