Cairan Power Steering Bisa Bocor? Inilah Dampak dan Penyebabnya

admin


Power steering atau sistem kemudi bertenaga adalah sistem yang digunakan untuk membantu menggerakkan kemudi mobil dengan lebih mudah dan ringan.

Autos.id – Kebocoran cairan power steering pada mobil dapat memiliki dampak buruk yang serius pada kendaraan. Hal ini dapat menyebabkan sistem power steering menjadi berat, kerusakan pada komponen sistem power steering seperti pompa, rack and pinion, dan segel.

Selain itu, kebocoran dapat juga mempengaruhi komponen lain di mobil, seperti mesin dan transmisi, membuat kendaraan menjadi lebih boros bahan bakar karena harus bekerja lebih keras untuk melakukan perpindahan gigi, serta meningkatkan suhu kendaraan karena harus bekerja lebih keras untuk menopang sistem power steering.

Apabila kebocoran tidak segera diperbaiki, dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah dan memerlukan biaya perbaikan yang lebih tinggi. Dan beberapa faktor yang menyebabkan kebocoran cairan atau oli power steering ini antara lain:

Power Steering. (Sumber;:Momobil)

  1. Ketidakmampuan sistem power steering untuk menahan tekanan yang terlalu tinggi, biasanya disebabkan oleh kerusakan pada pompa power steering atau regulator tekanan.
  2. Kerusakan pada selang dan fitting, baik karena aus atau keretakan yang disebabkan oleh bahan yang tidak sesuai atau kurang perawatan.
  3. Kerusakan pada seal dan O-ring, yang dapat terjadi akibat penuaan, keausan atau keretakan.
  4. Overfilling, yaitu ketika cairan power steering terlalu banyak atau terlalu sering diisi ulang, sehingga menimbulkan tekanan yang berlebihan dan menyebabkan kebocoran.
  5. Kerusakan pada komponen power steering seperti pompa, rack and pinion, dan gear box, yang dapat terjadi karena penggunaan yang berlebihan, keausan atau kegagalan dalam sistem.
Ilustrasi Power Steering.

Ilustrasi Power Steering. (Sumber: Kompas)

Dalam hal ini, perawatan dan pemeriksaan berkala terhadap sistem power steering dapat membantu mencegah kerusakan yang lebih parah dan biaya perbaikan yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, periksa sistem power steering mobil Anda secara rutin dan segera lakukan perbaikan jika ditemukan kebocoran atau kerusakan pada sistem tersebut.

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

https://www.got.web.id/