Cara Merawat Bearing Roda Motor yang Tepat

admin


Merawat bearing motor adalah salah satu yang perlu dilakukan secara tepat karena dapat ketidaknyamanan dan bahaya saat berkendara.

Autos.id – Bearing roda adalah komponen pada sepeda motor yang berfungsi sebagai penyangga pada poros roda atau as roda sehingga roda pada sepeda motor dapat berputar dengan baik dan stabil. Jika fungsi komponen ini terganggu, maka akan mempengaruhi stabilitas motor.

Kemudian jika bearing roda bermasalah, maka dapat mengganggu keseimbangan motor ketika digunakan di jalan. Dan jika dibiarkan terus-menerus, dapat menyebabkan keausan ban tidak rata bahkan merusak velg.

Tanda-tanda bearing roda aus atau rusak adalah munculnya karat pada bearing, keausan ban tidak rata, dan timbulnya suara dari roda. Lalu bagaimana cara merawat bearing roda motor yang tepat?

Bentuk bearing roda motor. (Sumber: Suzuki Indonesia)

Berikut adalah tips merawat bearing roda motor agar awet dan tidak cepat rusak:

 

1. Hindari berkendara dengan kecepatan tinggi di jalan yang rusak

Lubang dan gundukan di jalan dapat merusak bearing roda dengan benturan yang cukup keras. Oleh karena itu, selalu berhati-hati saat berkendara di jalan yang rusak atau sebisa mungkin menghindari melewati jalan berlubang.

 

2. Bersihkan area roda setelah melewati genangan air kotor

Setelah melewati genangan air saat musim hujan dan banjir, bersihkan bagian roda. Karena percikan air yang kotor bisa menyebabkan rusaknya seal pada as roda, sehingga pelumas pada bearing roda berkurang atau hilang, dan bearing menjadi lebih cepat berkarat dan rusak.

Karet pelindung bearing roda motor.

Karet pelindung bearing roda motor. (Sumber: Astra-Honda)

3. Hindari membawa barang yang melebihi kapasitas

Bawa barang bawaan yang sesuai dengan kapasitas motor karena beban yang berlebihan memberikan tekanan yang lebih berat pada bearing roda dan membuat umur bearing menjadi lebih pendek.

4. Hindari modifikasi di luar standar

Modifikasi yang salah dapat mengakibatkan masalah pada bearing roda, seperti penggantian ban yang tidak sesuai ukuran. Hal ini dapat menyebabkan benturan dan getaran yang lebih besar pada bearing roda. Oleh karena itu, hindari penggunaan ban yang tidak sesuai standar pabrikan terutama ban yang lebih kecil.

Proses merawat bearing roda motor.

Proses merawat bearing roda motor. (Sumber: YouTube Saudara Motor)

5. Lakukan pengecekan bearing ke bengkel resmi

Jika kondisi roda mulai tidak stabil atau bergetar, segera lakukan pengecekan ke bengkel resmi agar bearing roda bisa diganti sesuai standar pabrikan.

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

https://www.got.web.id/