Cara Mudah Untuk Merawat Motor Injeksi – Autos.id

admin


Perkembangan teknologi bahkan di bidang otomotif mengalami pertumbuhan yang pesat. Salah satu perkembangan yang ada pengabutan bahan bakar injeksi pada sepeda motor.

Jakarta, Autos.id   –  Sejak tahun 2007, motor Yamaha Indonesia sudah menggunakan teknologi ini. Sedangkan VIxion menjadi pionir pertama motor injeksi yaitu Vixion, bahkan hingga semua motor Yamaha sudah menggunakan teknologi injeksi.Sama halnya dengan teknologi lainnya, komponen dalam sistem injeksi perlu dijaga supaya awet atau tahan lama

Muslian, Manager Service Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers menyampaikan jika sepeda motor adalah salah satu alat transportasi yang banyak digunakan masyarakat sehingga membutuhkan perawatan terbaik untuk mendukung aktivitas.

“Karena itu, dengan adanya teknologi injeksi pada sepeda motor, tentu ada  beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya kondisinya tetap bagus,” imbuhnya di Jakarta, baru-baru ini.

Injector dan throttle body

Sebaiknya perawatan dilakukan secara rutin setiap 10 ribu km. Manfaat dari pembersihan injektor adalah menjaga performa tetap pada kondisi terbaik sehingga terbebas dari kotoran-kotoran yang mengganggu performa motor secara keseluruhan. Perawatan ini bisa didapatkan pada bengkel resmi dengan menggunakan injector cleaner.

Sering Memeriksa Tekanan pompa bahan bakar

Mungkin terdengar sepele, namun pengecekan tekanan adalah hal penting karena dapat mengetahui keadaan dari bahan bakar keluar secara normal dan aman. Bahaya dari tekanan pada pompa bahan bakar di bawah standar, maka akan menyebabkan bahan bakar yang dibutuhkan tidak sesuai dengan kebutuhan mesin sehingga performa menjadi menurun.

Kebersihan Tangki bahan bakar

Ketika tangki bahan bakar kotor dengan kemungkinan adanya air, debu dan kotoran akan membahayakan mesin. Maka penting untuk rutin melakukan service untuk membersihkan tangki

Cek Rutin Saringan udara

Penyaringan berperan sebagai keluar dan masuknya udara. Pada throttle body terdapat alat sensor di dalamnya. Ketika ada udara yang tidak bersih akan menyebabkan penyumbatan di sensor bahkan pembacaan sensor bermasalah. Dampaknya dapat berpengaruh pada kinerja dari sistem injeksi/ sepeda motor.

Cara untuk merawat filter udara dapat dilakukan dengan mudah. Kotoran bisa dibersihkan dengan  kuas atau penyemprot udara. Namun, jika ragu lebih baik lakukan pembersihan bengkel resmi. (dev/Tim Autos)

Comments

comments









Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

https://www.got.web.id/