Dirumorkan Hadir di IIMS 2023, Bagaimana dengan Spesifikasi Motor Listrik Yedea?

admin


IIMS 2023 akan menjadi ‘pesta’ pameran kendaraan roda empat serta roda dua, bahkan untuk jenis motor listrik.

Autos.id – Pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, banyak produk motor listrik baru yang akan diperkenalkan.

Salah satunya adalah merek Yadea yang dibawa oleh Indomobil Group. Bahkan Yadea diklaim berhasil menjual lebih dari 13 juta unit motor listrik di seluruh dunia.

Dilansir dari Motorcyclesdata, Yadea Group Holdings Ltd didirikan pada tahun 2001 dan bermarkas di Shanghai.

Merek tersebut diklaim sebagai produsen motor listrik terbesar di dunia dan salah satu merek yang paling cepat berkembang, dengan penjualan di 80 negara termasuk beberapa negara di Eropa.

Yadea memiliki tujuh pabrik di Tiongkok dan satu pabrik di Vietnam dengan kapasitas produksi hingga 12 juta kendaraan termasuk sepeda listrik.

Pada tahun 2019, Yadea membuka pabrik di Vietnam dengan kapasitas produksi sebesar 500.000 unit.

Dari tahun 2001 hingga 2021, Yadea telah menjual kendaraan roda dua listrik sebanyak 13,8 juta unit, dengan 6,1 juta unit skuter listrik dan 7,7 juta unit sepeda listrik pada tahun 2021.

Saat ini, Yadea memiliki 3,353 distributor dan lebih dari 28,000 titik penjualan.

Sebelumnya, Benny Lee selaku Marketing Manager Indomobil E-Motor International menegaskan bahwa merek motor listrik Yadea akan masuk ke Indonesia melalui Indomobil Group.

Merek tersebut dapat memanfaatkan jaringan penjualan dan purnajual Indomobil yang sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Ia pun menambahkan bahwa merek motor listrik Yadea akan dimasukkan ke Indonesia melalui Indomobil Group.

Merek yang dimaksud akan memanfaatkan jaringan penjualan dan purnajual yang tersebar luas dari Indomobil di seluruh Indonesia. Indomobil E-Motor International ditunjuk sebagai agen pemegang merek eksklusif Yadea di Indonesia.

Indomobil Group juga menegaskan komitmen untuk memanfaatkan jaringan lebih dari 1.000 jaringan mereka yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mempermudah akses masyarakat ke Yadea. Indomobil juga memastikan dukungan purnajual. Selain itu, Indomobil mendukung percepatan elektrifikasi di Indonesia melalui dukungan terhadap Perpres Nomor 55 Tahun 2019.

Pada acara IIMS 2023, Yadea akan memperkenalkan langsung tiga model sepeda motor listrik dan empat model sepeda listrik. Mereka akan memiliki booth di hall C3 dengan luas sekitar 400 meter.

IIMS 2023. (Sumber: Jakarta International Expo)

Spesifikasi Motor Listrik Yedea

Menurut situs resmi Yadea, merek asal Tiongkok ini memiliki berbagai model kendaraan listrik seperti 6 skuter listrik, 1 skuter niaga, 1 naked bike, 4 otoped, dan 2 model sepeda listrik.

Model-model skuter listrik yang dimiliki Yadea antara lain Yadea M6L, G5, C1S, E8S, Fierce-VFF, dan Voltguard-VFV. Skuter niaga mereka adalah Y1S, serta naked bike-nya bernama Keeness-VFD yang diluncurkan pada ECIMA di Milan, Italia, tahun lalu.

Motor listrik tersebut sudah dipasarkan di beberapa negara dengan harga yang berbeda-beda. Spesifikasi baterai mereka untuk jenis skuter mayoritas memiliki daya 60 volt atau 32 amper hour, namun dinamika pada masing-masing model berbeda.

Yadea M6L.

Yadea M6L. (Sumber: Scooter & Bikexpress)

Yadea M6L memiliki daya 2.100 watt atau setara 2,8 dk, dan memiliki jarak tempuh maksimal sejauh 70 km. Sementara Yadea G5 memiliki jarak tempuh 60 km meskipun baterainya sama, karena memiliki daya dinamo 2.300 watt atau setara 3 dk.

Yadea C1S.

Yadea C1S. (Sumber: YouTube REC Anything)

Yadea C1S memiliki baterai dengan kapasitas yang sama, namun memiliki jarak tempuh yang lebih jauh, yaitu 80 km dengan kecepatan maksimal 60 km/jam dan daya motor atau dinamonya sebesar 1,8 kilowatt atau setara 2,4 dk.

Yadea E8S.

Yadea E8S. (Sumber: SHOUTS)

Adapun Yadea E8S, tersedia dalam dua tipe dengan baterai yang lebih besar, 72 volt atau 38 Ah. E8S Pro memiliki dinamo dengan daya 2.000 watt atau setara 2,6 dk dan memiliki kecepatan maksimal 60 km/jam.

Kemudian E8S-200 memiliki daya 1.000 watt atau 1,3 dk dengan kecepatan maksimum sebesar 50 km/jam. Kedua model ini mampu menempuh jarak hingga 125 mil atau 200 km, yang merupakan jangkauan yang sangat jauh.

Yadea Voltguard-VFV.

Yadea Voltguard-VFV. (Sumber: RideApart)

Voltguard-VFV adalah produk terbaru dari Yadea yang dirilis tahun lalu. Modelnya lebih mirip dengan motor matik konvensional dengan desain bodi yang sedikit besar dan menyerupai Honda SH150. Terdapat dua varian, yaitu VFV Pro dan VFV standar.

Yadea G5.

Yadea G5. (Sumber: YouTube Yadea France)

VFV Pro memiliki baterai lithium 72 volt atau 27 Ah dengan tenaga maksimal 5.500 watt atau 7,7 dk dan kecepatan maksimal 80 km per jam. Sedangkan VFV standar memiliki baterai graphene berdaya 72 volt atau 38 Ah dan tenaga puncak 2.500 watt atau 3,35 dk, dengan kecepatan maksimal 50 km per jam.

Yadea Flamin VF F200.

Yadea Flamin VF F200. (Sumber: Outdoordreams)

Flamin VF F200 adalah motor matik bergaya skuter keenam dan model paling mewah dari seluruh produk. Kecepatannya bisa mencapai 100 km/jam dan hanya butuh waktu 2,5 detik untuk mencapai 50 km/jam.

Dengan tenaga maksimal sebesar 10 Kw atau 13,4 dk dan torsi puncak sebesar 238 Nm, performa mesinnya sangat kuat dan mirip dengan moge atau mobil. Dilengkapi dengan dua baterai lithium 72 volt, jarak tempuh maksimalnya bisa mencapai 130 km.

 

 

Sumber: Motorcyclesdata, Yedea

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

https://www.got.web.id/