Sudah hampir setahun dipasarkan, Ducati Panigale V4SP masih menjadi varian Ducati termahal yang pernah ada di Indonesia. Berikut spesifikasi lengkapnya.
Autos.id – Terhitung sejak akhir 2020 lalu, Ducati memperluas keluarga Panigale V4 dengan memperkenalkan versi baru Panigale V4 SP. Varian Panigale V4 terbaru ini menandai kembalinya Sport Production yang telah lama ditunggu-tunggu untuk fairing motor supersport Ducati. Diperkenalkan untuk pertama kalinya pada Ducati 851, varian Sport Production mengidentifikasi versi-versi yang berfungsi sebagai dasar pengembangan motor balap yang digunakan dalam Sport Production Championship.
Ducati masih menggunakan singkatan ‘SP’ untuk mengidentifikasi motor yang diproduksi dengan peralatan teknis tertentu untuk performa lebih cepat di lintasan. Ducati Panigale V4 SP adalah motor yang ideal bagi para amatir yang ingin memasuki lintasan dengan kecepatan maksimal.
Disinyalir motor ini mudah dikendarai terlepas dari keterampilan berkendara sang biker. Alhasil mereka akan membutuhkan lebih sedikit usaha fisik untuk bisa melintasi jalanan kota. Panigale V4 SP tidak menggantikan Panigale V4 R sebagai superbike dengan spesifikasi homologasi. Panigale V4 SP pada dasarnya adalah perpaduan Panigale S (dalam hal mesin dan sasis), elemen Panigale V4 R, dan Superleggera.
Baca Juga: Harga Motor Ducati Indonesia Oktober 2021
Mesin
Ducati Panigale V4 SP menggunakan mesin Desmosedici Stradale 1.103cc terstandar Euro 5 sebagai basis Panigale V4 dan model S. Motor ini juga didukung dengan sistem transmisi manual 6-speed. Dengan mesin tersebut, motor supersport ini menghasilkan tenaga maksimal 214 hp pada 13.000 rpm dan torsi 124 Nm pada 9.500 rpm.
Sama seperti V4 R dan Superleggera, Panigale V4 SP memiliki kopling kering tipe STM EVO-SBK. Selain itu, varian Panigale ini sudah bersistem electronic fuel injection dengan twin-injector per silinder mesin.
Sasis dan Suspensi
Seperti yang sudah sempat disebutkan di atas, sasis Panigale V4 SP dilengkapi dengan konten teknis mutakhir yang berasal dari Ducati Superleggera V4. Frame sasis yang dimiliki pun sudah menggunakan velg aluminium dengan optimized stiffness. Komponen-komponen ini meliputi roda karbon, kaliper rem depan Brembo Stylema R, dan master silinder radial Brembo MCS dengan perangkat “remote adjusting”.
Panigale V4 SP mendapat unsur velg berserat karbon agar bisa mengurangi momen inersia untuk berkendara yang lebih cepat. Selain itu juga terdapat winglet dan spatbor depan berbahan serat karbon. Motor supersport ini juga mewarisi suspensi depan Öhlins NIX 30, suspensi belakang TTX 36, dan peredam kemudi elektronik. Keberadaan suspensi semi-aktif mengisyaratkan bahwa Ducati Panigale V4 SP utamanya tidak dirancang untuk pengendara profesional.
Mode Berkendara
Mode Berkendara memungkinkan Anda memilih di antara empat gaya berkendara yang telah ditentukan sebelumnya. Mode Berkendara ini menawarkan performa berkendara Panigale V4 yang dapat disesuaikan secara sempurna dengan pengendara, jenis trek, dan kondisi lingkungan. Setiap Mode Berkendara (Race A, Race B, Sport, dan Street) diprogram secara instan mengubah karakter mesin, parameter kontrol elektronik, dan pengaturan suspensi. Pengendara diberi kesempatan untuk menyesuaikan gaya berkendara khusus mereka dan kemudian mengembalikan parameter yang ditetapkan oleh Ducati.
Teknologi
Ducati Panigale V4 SP memasang layar TFT 5-inch definisi tinggi dengan grafis modern dan menarik. Layar dasbor TFT ini didominasi oleh speedometer Desmosedici Stradale yang ditampilkan menurut skala 1000-15.000 rpm menggunakan pengukur jarum. Selain menawarkan menu klasik yang terdiri dari:
- Total jarak tempuh
- Trip 1 dan Trip 2
- Konsumsi Bahan Bakar Perjalanan
- Waktu Perjalanan
- Kecepatan rata-rata
- Suhu udara
- Lap On/Off (hanya dalam mode “Track”),
- Player On /Off (hanya dalam mode “Road”)
Dasbor Panigale V4 juga memiliki menu lain di kanan bawah yang dapat melakukan dua fungsi. Secara khusus, menu ini dapat menampilkan/menunjukkan parameter yang terkait dengan Mode Riding yang ditetapkan atau memungkinkan modifikasi cepat parameter DTC, DWC, EBC, dan DSC.
Terakhir, indikator Panigale V4 bertipe ‘auto off’ mengindikasikan indikator tersebut mati secara otomatis setelah menyelesaikan belokan. Atau ketika motor secara tidak sengaja mati setelah menempuh jalur lurus untuk jarak tertentu (dari 200 ke 2000 meter tergantung seberapa cepat sepeda melaju saat indikator dinyalakan).
Fitur Keselamatan
Ducati berkomitmen menjamin menghadirkan motor canggih dengan tingkat keselamatan aktif tertinggi. Maka dari itu, hadirlah Ducati Panigale V4 SP. Sistem keselamatan ini memungkinkan motor memiliki performa maksimal dengan keamanan total. Berikut ini adalah fitur keselamatan yang dimiliki Panigale V4 SP.
- Sistem ABS Cornering EVO untuk mengatur setiap fase pengereman, bahkan saat sepeda dimiringkan.
- Engine Brake Control EVO untuk mengatur torsi pengereman
- Traction Control EVO
- Wheelie Control
- Slide Control
Kesimpulan
Ducati Panigale dikenal sebagai sepeda yang aman, bahkan untuk pengendara pemula. Meskipun motor ini menawarkan performa powerful, kenyamanan, dan kemudahan berkendara, Panigale V4 SP ideal untuk semua kemampuan pengendara. Di samping motor supersport ini kuat dan cepat, tapi ia akan menjamin memenuhi kebutuhan pengendara berpengalaman yang suka melakukan zoom di sekitar trek balap.
Motor ini juga menawarkan bantuan pengendara, seperti ABS dan kontrol anti-wheelie, yang akan membuat pengendara baru merasa dan berkendara dengan aman di jalan. Menurut kami, Ducati Panigale adalah motor yang cukup cerdas. Tidak peduli seberapa berpengalaman Anda sebagai pengendara sepeda motor, Panigale pasti akan memenuhi kebutuhan Anda. Walaupun beberapa spesifikasi di atas hampir mirip dengan para pesaingnya, kinerja mesinnya membuat Panigale menonjol.