Honda Civic e:HEV Bermesin Hybrid Resmi Meluncur Di Thailand

admin


Varian Honda Civic dengan mesin Hybrid ini melengkapi varian non Hybrid yang masih dijual di pasar Thailand dan mengambil basis mesin yang sama dengan varian mesin konvensionalnya.

Autos.id  –  Honda Civic generasi ke 11 dengan kode bodi FE memang sudah ada sejak pertengahan tahun lalu. Di Indonesia sendiri, Honda Civic generasi ke 11 sudah ada sejak akhir tahun lalu dan di impor langsung dari Thailand. Di negara Gajah Putih tersebut, Honda Thailand menambah varian baru untuk Civic dan hadir dengan konfigurasi mesin Hybrid.

Varian Hybrid untuk Honda Civic ini diberi nama e;HEV dan hadir dengan 2 pilihan trim yaitu EL+ dan RS.

Berbasis Mesin 1.500 cc Turbo

Varian e:HEV Honda Civic versi Thailand ini pada dasarnya masih menggunakan basis mesin yang sama. Mesin 1.500 cc, 4 silinder dengan Turbo yang masih menghasilkan tenaga 178 Ps dan torsi 240 Nm dengan transmisi CVT masih menjadi andalan. Namun mesin ini kini dilengkapi dengan sistem Hybrid yang Honda namakan sebagai Honda i-MMD atau Intelligent Multi-Mode Drive.

Teknologi Hybrid Honda i-MMD ini menggunakan sebuah motor listrik yang menghasilkan total tenaga 184 Ps dan torsi 315 Nm. Motor listrik ini mengambil daya dari baterai Lithium-Ion yang sudah mengusung konsep Atkinson-Cycle 2.0 liter dengan motor listrik akan bertindak sebagai generator.

Yang menarik, mesin Hybrid ini bisa berjalan dalam mode full EV dalam jarak tertentu serta memberikan penggerak langsung melalui Lock-Up Clutch pada kecepatan tinggi dan membuat konsumsi BBM menjadi jauh lebih irit. Seperti yang dilansir Paultan, Honda mengklaim bahwa konsumsi mesin Hybrid di Honda Civic ini bisa mencapai 25 km/liter.

Honda Civic e:HEV Bermesin Hybrid Resmi Meluncur Di Thailand

Perbedaan Varian EL+ dan RS

Untuk varian, Honda Civic Hybrid ini hadir dalam 2 pilihan varian yaitu EL+ dan RS. Yang membedakan diantara kedua varian ini dari segi tampilan dan fitur. Mulai dari velg untuk varian EL+ menggunakan velg 17 inch sedangkan varian RS menggunakan 18 inch. Lalu perbedaan berikutnya adalah penggunaan lip spoiler dibagian belakang yang khusus hadir di varian RS.

Yang sudah menjadi standar disemua varian Hybrid adalah penggunaan emblem Honda beraksen biru, trim jendela, handle pintu, serta garnish grill berwarna chrome, serta adanya emblem  e;HEV untuk mendandakan bahwa ini adalah varian Hybrid. Tidak ketinggalan untuk varian Hybrid ini juga sudah dilengkapi dengan display khusus untuk menunjukan sistem Hybrid yang akan muncul pada instrument cluster dan Head Unit mobil ini.

Honda Civic e:HEV Bermesin Hybrid Resmi Meluncur Di Thailand

Kemudian fitur safety active Honda Sensing juga sudah menjadi standar untuk kedua varian Hybrid ini. Serta tidak ketinggalan Head Unit 9 inch dengan konektivitas lengkap seperti Apple CarPlay dan Android Auto, Wireless Charging, Honda Smart Key Card, Honda Connect, penggunaan jok kulit kombinasi suede, serta Remote Engine Start sudah hadir sebagai standar.

Di Thailand ini Honda Civic e”HEV bermesin Hybrid ini dijual mulai dari 1,15 juta Bath atau setara Rp 485 juta untuk varian EL+ dan 1,27 juta Bath atau setara Rp 539 juta untuk varian RS. Sedangkan untuk varian non Hybrid, Honda Thailand masih menghadirkan varian EL dan EL+ dan sudah tidak ada lagi varian RS yang non Hybrid.

Belum diketahui apakah varian Hybrid ini akan masuk ke Indonesia. Namun apabila Honda Prospect Motor mau memasukan varian Hybrid ini ke Indonesia, setidaknya pasti akan dijual jauh lebih mahal dibandingkan varian RS Non Hybrid yang dijual saat ini.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

https://www.got.web.id/