Honda Scrambler masuk Daftar Tipe?

admin


Berita Resmi Desain Industri menunjukkan desain dari motor scrambler yang merupakan besutan Honda.

Autos.id – Honda telah mendaftarkan motor bergaya scrambler neo-klasik di Indonesia. Motor tersebut diduga merupakan Honda CL300 dan didaftarkan oleh Honda Motor Co yang berbasis di Tokyo, Jepang.

Desain motor scrambler Honda tersebut telah terdaftar dalam Berita Resmi Desain Industri No. 8/DI/2023 yang diterbitkan oleh Direktorat Hak Cipta dan Desain Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM.

Motor scrambler Honda yang didaftarkan. (Sumber: Berita Resmi Desain Industri)

Tampilan

Dilihat dari desain yang didaftarkan, Honda telah menghadirkan motor bergaya scrambler yang mirip dengan Honda CL300 yang diluncurkan sejak Januari 2023. Motor ini menggunakan platform yang sama dengan Honda Rebel 300.

CL300 memiliki ciri khas scrambler pada bagian knalpot yang melengkung ke atas dan sejajar dengan jok. Lampu bulat, setang fatbar, dan jok rata dengan tekstur juga memberikan kesan scrambler neo-retro.

Tampilan motor scrambler Honda yang didaftarkan.

Tampilan motor scrambler Honda yang didaftarkan. (Sumber; Berita Resmi Desain Industri)

Namun, gaya scrambler yang ditampilkan tidak menghilangkan aspek ergonomi saat berkendara. Posisi ergonomis terlihat pada model setang dan jarak tempat duduk yang tidak terlalu jauh sehingga cocok digunakan sehari-hari.

Desain Honda CL300 terlihat mirip dengan Honda Rebel 300, terlihat dari bentuk tangki yang terhubung dengan dudukan pengendara. Mesin terlihat telanjang dan didukung oleh rangka rigid.

Di bagian kaki-kaki, Honda CL300 menggunakan velg dengan ukuran yang berbeda. Velg depan berukuran 19 inci dan belakang berukuran 17 inci.

Honda CL 300.

Honda CL 300. (Sumber: Honda)

Mesin

CL300, motor neo-klasik daftarkan oleh Honda Motor Co, diduga menggunakan mesin yang sama dengan  Rebel 300.

Mesin tersebut berkapasitas 300cc dengan konfigurasi silinder tunggal SOHC dan mampu menghasilkan hingga 25 tenaga kuda serta torsi sebesar 23,8 Nm.

Tenaga tersebut akan disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual enam percepatan. Hal ini menandakan bahwa Honda CL300 dan Honda Rebel 300 menggunakan platform mesin yang sama.

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

https://www.got.web.id/