Ingin Beli Mobil Bekas Banjir, Perlu Perhatikan ini

admin


Untuk Anda yang memang ingin membeli mobil bekas? Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar tidak menyesal dengan kondisi mobil yang seperti itu.

Autos.id – Membeli mobil bekas yang sudah pernah terkena banjir memang memberikan dampak yang negatif. Karena mobil yang pernah terkena banjir tentu membuat kondisi mobil sudah tidak sepenuhnya dalam kondisi yang optimal. Sehingga penting bagi Anda untuk lebih teliti apabila Anda memang ingin membeli mobil yang bekas.

Karena bisa saja PR atau masalah pada mobil bekas banjir justru kedepannya akan menyulitkan Anda dan membutuhkan perawatan yang ekstra.

Sehingga sangat penting bagi Anda untuk melihat dengan seksama mobil yang memang pernah terkena banjir. Bukan berarti Anda tidak boleh membeli mobil bekas banjir, tetapi Anda harus memperhatikan resiko apa yang akan terjadi dengan unit mobil yang pernah terkena banjir ini.

Kali ini Autos.id akan memberikan Anda beberapa tips dan trik yang perlu Anda pehatikan sebelum ingin membeli mobil bekas yang memang pernah terkena banjir. Hal ini bertujuan agar Anda tidak menyesal karena unit mobil tersebut justru menjadi tidak layak jalan.

1. Memperhatikan Asal Muasal Mobil Itu Sendiri

Hal pertama yang perlu Anda ketahui sebelum membeli mobil bekas banjir adalah melihat asal muasal mobil tersebut. Biasanya cara termudah dari melihat di mana mobil ini biasanya berada serta lokasi dari pemilik sebelumnya.

Karena mungkin saja daerah rumah pemilik sebelumnya berada di wilayah yang sering banjir. Meskipun tidak sepenuhnya tepat, namun Anda bisa menilai sendiri apakah mobil tersebut sering terkena banjir atau tidak.

2. Melihat Kondisi Karat Pada Mobil

Biasanya salah satu tanda mudah dalam mengenal mobil tersebut pernah terkena banjir adalah adanya karat di beberapa sisi. Meskipun karat pada mobil sering di anggap sebagai momok, tapi sebenarnya ada solusi untuk hilangkan karat ini.

Jadi setelah membelinya, Anda bisa melakukan coating atau perekatan di beberapa sisi mobil. Sehingga secara sekilas, banyak yang tidak mengira bahwa mobil tersebut sebenarnya merupakan mobil bekas banjir.

3. Cek Kondisi Interior

Mobil yang pernah terkena banjir bisa dengan mudah terlihat di bagian interior. Biasanya mobil yang pernah terkena banjir ini memiliki beberapa sisi yang memang sulit untuk di bersihkan dan menimbulkan beberapa noda.

Meskipun begitu, sebenarnya Anda tidak perlu khawatrir dengan kondisi ini. Misalnya dengan melakukan salon atau pembersihan secara menyeluruh sudah menjadi solusi yang tepat ketika memang ingin membeli mobil bekas banjir ini.

4. Cek Bagian Kelistrikan Mobil

Mobil yang biasanya pernah terkena banjir biasanya memiliki efek samping di sisi elektrikal atau kelistrikan mobil. Karena pernah terendam banjir, maka resiko terjadinya korsleting hingga kebakaran merupakan sesuatu yang perlu menjadi perhatian Anda.

Sehingga bagi Anda yang memang ingin membeli mobil bekas banjir, pastikan Anda untuk melakuakan perbaikan dari sisi elektrikal ke bengkel spesialis yang berpengalam. Atau mau tidak mau harus mengganti beberapa komponen kelistrikan untuk menghindari resiko korsleting dan kebakaran itu.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

https://www.got.web.id/