Ingin Beli Motor Bekas? Pastikan Untuk Periksa 6 Hal Ini!

admin


Saat membeli motor bekas jangan hanya memeriksa bagian luarnya saja, tetapi juga perhatikan hal ini!

Jakarta, Autos.id  –   Penjualan motor di tahun 2022 terus meningkat, bukan hanya penjualan motor baru yang meningkat, tetapi penjualan motor bekas untuk mendapat imbasnya yang juga mengalami peningkatan. Dalam membeli motor bekas, jangan pernah langsung percaya apa yang dikatakan oleh penjual, ada baiknya pembeli memeriksa dan teliti sebelum membeli motor bekas.

Wahana Makmur Sejati yang merupakan bagian dari Wahana Artha Group memberikan tips membeli motor bekas, harganya murah, namun tetap masih layak pakai :

1.Perhatikan Jarak Tempuh

Jarak tempuh  bisa menjadi indikasi, usia dan beban motor sudah sejauh mana  digunakan selama ini.

Pembeli perlu jeli dan waspada, kadang jarak kilometer yang tertera, ada pula yang sudah direset.  Kalau tampilan asli, akan sesuai dan kondisi mesin di kilometer segitu

  1. Cek Dalam Kondisi Nyala

Biasanya, kondisi mesin motor bekas cukup baik atau tidak, bisa dicek ketika mesin motor dalam  posisi menyala (langsam). Nah di sini bakal ketahuan, Langsamnya lancar atau  tidak

3.Busi

Salah satu penyebab tarikan motor bisa dilihat dari kondisi busi.Cek businya, apakah  masih layak pakai atau tidak.

Tidak selalu motor bekas tahun tua, yang jelek adalah businya. Tapi kalau terlihat bagian kepalanya menghitam, biasanya sudah waktunya diganti.

Pastikan saat membeli motor bekas, mesin motor mudah dihidupkan

  1. Langsam Mesin

Biasanya, kondisi mesin motor bekas cukup baik bisa dicek ketika mesin dalam menyala (langsam). “Cara gampangnya sih sebenarnya bisa dicek pada saat menyalakan (mesin) motor. Langsamnya lancar atau tidak.

  1. Transmisi

Khusus untuk tipe motor bebek, biasanya sering bermasalah di sistem transmisi. Pastikan  saat mengetes  motor sebelum deal membeli, masalah transmisi ini tidak muncul. Jangan sampai susah saat mengoper gigi.

  1. Teliti Bagian Kaburator

Check motor bekas pada bagian penyuplai bahan bakar. Pastikan kondisi karburator atau injeksinya bagus. Kalau indikator injeksi menyala, harus segera dicek ulang dan perlu dibawa ke bengkel.

Itulah tips praktis sebagai pengetahuan dasar, sebelum memutuskan membeli motor bekas. Semoga dapat motor idaman dengan harga terjangkau!

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

https://www.got.web.id/