Inilah Cara Membuat Yamaha Mio Karbu Jadi Lebih Irit

admin


Bagi pemilik Yamaha Mio keluaran lama yang masih menggunakan karburator, tips kali ini akan membuat motor Mio Karbu bisa jauh lebih irit lagi.

Autos.id – Apakah masih ada yang memiliki Yamaha Mio keluaran lama, terutama yang masih menggunakan mesin karburator? Bisa dibilang Yamaha Mio karbu merupakan salah satu motor dengan mesin yang tergolong awet dan tahan banting. Tetapi salah satu problem dari Yamaha Mio karbu adalah tidak bisa seirit ketika masih dalam kondisi baru dulu.

Nah bagi pemilik Yamaha Mio karbu keluaran lama, Autos.id akan memberi tips agar Yamaha Mio karbu bisa lebih irit lagi.

1. Menggunakan BBM Minimal Oktan 92

Hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah memilih bahan bakar yang tepat. Untuk Yamaha Mio karburator ini sebenarnya menggunakan BBM Oktan 90 seperti Pertalite atau yang sekarang sedang populer Vivo 90 sebenarnya masih aman.

Tetapi agar memberikan pembakaran yang optimal serta konsumsi BBM yang irit, penggunaan BBM dengan oktan 92 seperti Pertamax adalah pilihan yang tepat. Karena dengan penggunaan BBM yang lebih berkualitas juga akan menjaga keawetan karburator dari Yamaha Mio karbu.

2. Cek Kondisi Filter Udara

Motor yang masih menggunakan karburator seperti halnya Mio keluaran lama memiliki komponen yang penting untuk diperhatikan, yaitu filter udara. Sangat penting untuk selalu merawat dan membersihkan filter udara di Mio karbu.

Karena bisa dibilang peran filter udara, terutama pada motor dengan teknologi karburator seperti Mio ini sangat penting dalam memberikan konsumsi BBM yang lebih irit lagi.

3. Perhatikan Waktu Untuk Memanaskan Motor

Hal berikutnya yang perlu diketahui adalah waktu untuk memanaskan motor Mio karbu. Motor dengan teknologi karburator seperti Mio ini jangan terlalu lama-lama untuk dipanaskan ketika mesin baru dinyalakan.

Paling tidak waktu maskimal untuk memanaskan motor Yamaha Mio karbu adalah tidak lebih dari 5 menit. Karena kalau memanaskan motor lebih dari 5 menit, maka bensin yang terbuang lebih banyak dan cenderung boros karena getaran mesin pada mesin karburator sangat memperngaruhi konsumsi BBM motor.

4. Perhatikan Sistem Pengapian

Hal berikutnya yang tidak kalah penting bagi pengguna Yamaha Mio karbu adalah mengecek sistem pengapian atau pembakaran motor. Karena apabila sistem pengapian atau pembakaran tidak bekerja secara prima, akan berpengaruh pada konsumsi BBM yang jauh lebih boros.

Serta dengan sistem pengapian atau pembakaran yang tidak prima juga akan berpengaruh pada sistem karburator Mio. Jadi saat melakukan servis, selain karburator, sistem pengapian motor Mio anda juga perlu diperhatikan.

5. Mengganti Karburator Bila Diperlukan

Dan yang terakhir yang mungkin perlu dilakukan dengan mengganti karburator standar bawaan pabrikan dengan karburator aftermarket. Terlebih ketika sudah digunakan dalam waktu yang lama, penting untuk mengganti karburator pada Mio.

Karena apabila kondisi karburator tidak prima, akan sangat berpengaruh pada keiritan BBM. Serta mengganti karburator dengan kualitas yang lebih baik juga akan memberikan pembakaran yang jauh lebih optimal.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

https://www.got.web.id/