Inilah Rangkuman Hasil Balapan World Superbike Seri Portugal

admin


Toprak Razgatlioglu merebut 2 dari 3 balapan World Superbike yang berlangsung sepanjang akhir kemarin. Satu kemenangan lainnya direbut oleh Alvaro Bautista.

Autos.id – Ajang balap motor bergengsi World Superbike sudah memasuki putaran kesembilan yaiyu seri Portugal. Pada seri yang berlangsung di Sirkuit Internasioanl Algarve, Portimao, Portugal ini kembali menghadirkan persaingan yang menarik terutama diantara 3 rival utama perebutan gelar juara dunia musim yaitu Alvaro Bautista (Aruba Ducati), Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha), dan Jontahan Rea (Kawasaki).

Dalam 3 balapan yang berlangsung sepanjang akhir pekan kemarin, Toprak Razgatlioglu meraih 2 kemenangan, sedangkan 1 kemenangan lainnya diraih Alvaro Bautista.

Jalanan Balapan Sepanjang Akhir Pekan

Seperti seri-seri lainnya, World Superbike seri Portugal berlangsung dengan format 3 balapan yaitu 2 balapan utama dan 1 balapan Superpole Race. Pada balapan pertama yang berlangsung pada Sabtu (8/10/2022) tersebut sempat ditunda beberapa saat menyusul insiden besar yang terjadi di balapan kelas World Supersport 300 beberapa jam sebelumnya.

Selain itu balapan yang seharusnya berlangsung sebanyak 20 lap dikurangi menjadi 14 lap. Selepas start, Jonathan Rea yang meraih posisi start terdepan berhasil mempertahankan posisi terdepannya didepan rekan setimnya di Kawasaki Alex Lowes. Namun beberapa lap setelahnya, Toprak Razgatlioglu yang start dari posisi ketiga berhasil menyalip Lowes dan mulai mengincar posisi Rea.

Pada lap kelima Razgatlioglu berhasil menyalip Rea di tikungan pertama sekaligus mengambil alih pimpinan lomba. Alvaro Baustista yang start dari posisi 9 perlahan mulai mendekati posisi 3 besar. Ia berada tepat dibelakang pembalap tim Motocorsa Ducati, Axel Bassani dan pada akhirnya meraih posisi 3 pada 5 lap menjelang finish.

Inilah Rangkuman Hasil Balapan World Superbike Seri Portugal

Dan 3 lap menjelang finish, Bautista berhasil menyalip Rea dan mengunci posisi kedua pada balapan pertama ini. Toprak Razgatlioglu sendiri tidak terkejar hingga finish dan menjadi pemenang race pertama ini. Bautista dan Rea yang meraih posisi 2 dan 3. Sedangkan Axel Bassani berhasil memenangi duel melawan Alex Lowes dan mengunci posisi keempat.

Keesokan harinya pada hari Minggu (9/10/2022), 2 balapan digelar yaitu Superpole Race di pagi harinya dan balapan utama kedua di siang hari. Dimulai dari balapan singkat Superpole Race, Toprak Razgatlioglu berhasil meraih kemenangan keduanya di seri Portugal ini. Juara bertahan asal Turki ini berhasil memenangi duel ketat melawan 2 rival utamanya, Alvaro Bautista dan Jonathan Rea yang harus puas finish di posisi 2 dan 3.

Pembalap tim Kawasaki, Alex Lowes yang juga sempat berduel dengan 3 pembalap terdepan ini harus puas finish di posisi keempat. Ia berhasil menungguli 2 pembalap yang menunggangi motor Ducati yaitu Michael Ruben Rinaldi (Aruba Ducati) dan Axel Bassani (Motocorsa Ducati) yang harus puas finish di posisi kelima dan keenam.

Lalu balapan utama kedua yang berlangsung di siang harinya berjalan dalam kondisi cuaca yang sangat cerah. Balapan yang berlangsung selama 20 lap ini berjalan cukup sengit yang melibatkan 3 pembalap kandidat peraih gelar juara dunia musim ini, Alvaro Bautista, Toprak Razgatlioglu, dan Jonathan Rea. Rea sendiri sebenarnya sempat memipin di awal lomba sebelum akhirnya Bautista dan Razgatlioglu menyalip dirinya hingga ke posisi 3.

Pada lap ketujuh setelag menyalip Rea, Razgatlioglu sebenarnya cukup nyaman memimpin balapan. Namun Bautista yang menyalip Rea 2 lap setelahnya membuat posisi dirinya mulai terancam. Ini terlihat dari berbagai serangan yang dilancarkan oleh Bautitsa untuk menggagalkan ambis Hattrick Razgatlioglu di seri Portugal ini.

Inilah Rangkuman Hasil Balapan World Superbike Seri Portugal

Terlibat aksi saling menyalip selama beberapa lap hingga pada lap ke 14, Bautista berhasil mengambil alih pimpinan lomba dan tak terkejar hingga finish. Ia unggul sekitar 2 detik dari Razgatlioglu yang harus puas finish di posisi kedua dan gagal meraih Hattrick di seri Portugal ini. Sedangkan Jonathan Rea sendiri harus puas finish di posisi ketiga untuk ketiga kalinya dari 3 balapan yang berlangsung sepanjang akhir pekan ini.

Di posisi klamsen pembalap sendiri, Alvaro Bautista masih berada di puncak klasmen dengan 448 poin. Bautista unggul 56 atas Toprak Razgatlioglu yang mengumpulkan 392 poin. Sedangkan Jonathan Rea semakin berat untuk bisa memperebutkan gelar juara dunia karena baru mengumpulkan 366 poin. Seri World Superbike selanjutnya akan berlangsung di Sirkuit San Juan Villicum di Argentina pada 21 hingga 23 Oktober mendatang.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

https://www.got.web.id/