Kolaborasi Dua Negara, Modifikasi Honda S2000 Targetkan Tampil Di Sirkuit Mandalika

admin


Jakarta, Autos.id. –  Salah satu modifikasi Engineplus lainnya adalah Honda S2000, hasil kolaborasi antara Indonesia dan Jepang, yang menarik perhatian para pengunjung pameran IMX 2024.

Proyek modifikasi Honda S2000 ini memakan waktu hampir satu tahun dan melibatkan kerjasama erat dengan rumah modifikasi terkemuka asal Jepang, Top Fuel.

Mobil legendaris ini mengusung konsep performa tinggi yang didesain untuk balapan, dengan perubahan signifikan di berbagai sektor untuk meningkatkan kemampuannya di lintasan. Mesin bawaan S2000, yaitu F20C, tetap dipertahankan sebagai inti utama, namun performanya telah dioptimalkan dengan pemasangan sistem turbo dan nitrous, yang meningkatkan tenaga secara dramatis.

Tidak hanya sektor mesin yang mengalami peningkatan, tetapi juga bagian kaki-kaki mobil. Suspensi, rem, dan komponen lainnya disesuaikan untuk mengimbangi peningkatan tenaga mesin, menjadikan mobil ini lebih stabil dan responsif saat digunakan di sirkuit. Langkah-langkah ini diambil untuk memastikan Honda S2000 siap menghadapi tantangan balapan dengan performa maksimal.

Peran Penting Aerodinamika

Salah satu aspek penting dalam pengembangan mobil balap adalah aerodinamika, yang memiliki peran besar dalam menentukan stabilitas dan performa mobil saat melaju di kecepatan tinggi. Engineplus sepenuhnya menyadari hal ini dan mempercayakan pengembangan body kit Honda S2000 kepada Voltex, produsen body kit asal Jepang yang terkenal akan kualitasnya. Dengan slogan “In Aero We Trust,” mereka memastikan bahwa mobil ini memiliki desain aerodinamis yang optimal untuk mendukung kecepatan dan stabilitas di sirkuit.

Body kit yang dirancang oleh Voltex mencakup berbagai komponen, termasuk sayap belakang, diffuser, dan bumper aerodinamis yang dirancang untuk meningkatkan downforce dan mengurangi hambatan angin. Modifikasi ini memastikan bahwa Honda S2000 tidak hanya cepat di lintasan lurus, tetapi juga mampu melibas tikungan dengan kecepatan tinggi tanpa kehilangan stabilitas.

Target Sirkuit Mandalika

Menurut Luckas DT selaku pemilik Engineplus, kolaborasi ini tidak hanya sebatas untuk memamerkan kemampuan modifikasi, tetapi juga bertujuan untuk mengangkat dunia motorsport di Indonesia ke level yang lebih tinggi. “Kerja sama antar dua negara ini kami harapkan dapat memajukan dunia motorsport di Indonesia,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Luckas mengungkapkan bahwa Honda S2000 ini akan segera diuji coba di lintasan balap, dengan sirkuit Mandalika sebagai target utama. “Mandalika, we’ll be there,” tambahnya, memberi sinyal bahwa mobil ini akan segera turun ke sirkuit dalam waktu dekat.

Mobil Lain di Booth Engineplus

Selain Honda S2000, booth Engineplus juga memamerkan beberapa mobil lain yang tidak kalah menarik. Salah satunya adalah BMW M2 Berg Sport, mobil yang dirancang khusus untuk ajang balap M2 Trophy. Mobil ini dilengkapi dengan berbagai modifikasi yang difokuskan untuk meningkatkan performa di lintasan, mulai dari sektor mesin hingga aerodinamika. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat langsung Toyota Corolla TRD, mobil legendaris yang telah menjadi ikon dalam dunia balap.

Booth Engineplus di IMX 2024 menjadi salah satu daya tarik utama bagi pengunjung yang ingin melihat langsung hasil karya modifikasi kelas dunia. Kolaborasi antara modifikator lokal dan internasional ini tidak hanya memamerkan kemampuan teknis, tetapi juga menggarisbawahi potensi besar yang dimiliki dunia modifikasi otomotif Indonesia di kancah global.

Kehadiran mobil-mobil modifikasi seperti Honda S2000 hasil kolaborasi Engineplus dan Top Fuel semakin memperkuat posisi Indonesia di mata dunia sebagai salah satu pusat modifikasi otomotif terkemuka.

Also Read

Bagikan:

Tags

https://www.got.web.id/