Lewis Hamilton Memenangkan Balapan GP Arab Saudi Yang Penuh Dengan Drama

admin


Balapan GP Arab Saudi yang berlangsung untuk pertama kalinya tersebut diwarnai dengan 2 kali bendera merah serta drama antara Lewis Hamilton dan Max Verstappen sepanjang balapan.

Jeddah, Autos.id – F1 2021 memasuki seri kedua terakhir dimana Arab Saudi menjadi negara baru penyelenggaraan ajang balap bergengsi ini. Berlokasi disirkuit jalan raya Corniche Jeddah tersebut, Lewis Hamilton keluar sebagai pemenang edisi perdana GP Arab Saudi tersebut. Rival terdekatnya, Max Verstappen finish kedua, dan Valterri Bottas merebut podium ketiga.

Dengan hasil ini membuat poin antara Verstappen dan Hamilton sekarang menjadi sama-sama 369,5 poin. Balapan musim tinggal menyisakan seri GP Abu Dhabi dimana akan menjadi penentuan siapa yang mendapatkan gelar juara dunia musim ini.

Jalannya Balapan

Lewis Hamilton yang start dari pole position berhasil mempertahankan posisinya, diikuti Bottas yang sukses menutup ruang Verstappen yang berada tepat dibelakangnya. Hamilton sendiri mulai memperlebar jaraknya seiring dengan ia meraih beberapa fastest lap. Verstappen sendiri terlihat kesulitan untuk bisa menyalip Bottas.

Pad lap ke 10, pembalap Hass, Mick Schumacher mengalami kecelakaan ditikungan ke 22 dan membuat Safety Car masuk kelintasan. Dalam periode safety car tersebut, Hamilton dan Bottas memutuskan untuk mengganti ban dari medium ke hard, sedangkan Verstappen tetap berada ditrek. Pada lap ke 13, bendera merah dikibarkan untuk memberikan waktu perbaikan dinding yang ditabrak Mick Schumacher sebelumnya.

Dalam kondisi balapan yang dihentikan sementara, Verstappen yang tidak masuk pit berada dalam posisi diunggulkan karena mendapat pit stop gratis selama periode bendera merah tersebut. Hamilton dan Bottas yang masuk pit sebelumnya kini diurutan kedua dan tiga diikuti Esteban Ocon, Daniel Ricciardo, Charles Leclerc, Pierre Gasly, Sergio Perez, Carlos Sainz, dan Antonio Giovinazzi di 10 besar.

Setelah kurang 20 menit balapan dihentikan sementara, balapan kembali dilanjutkan. Selepas restart, Verstappen berusaha mempertahankan posisinya dari Hamilton dan membuat keduanya bersenggolan dan Hamilton pun melebar. Saat Hamilton melebar, Esteban Ocon yang sebelumnya menyalip Bottas juga berhasil menyalip Hamilton untuk merebut urutan kedua.

 

Lalu dibeberapa tikungan selepas start, insiden kecelakaan kembali terjadi. Kali ini melibatkan Sergio Perez yang disenggol oleh Charles Leclerc. Hal tersebut membuat Perez tidak dapat melanjutkan lomba. Dan insiden lainnya melibatkan Nikita Mazepin yang menabrak Geroge Russel ditikungan yang sama dengan Leclerc dan Perez bersenggolan. Baik Mazepin dan Russel sama-sama tidak dapat melanjutkan lomba.

Dan untuk kedua kalinya, bendera merah kembali dikibarkan dan balapan kembali harus dihentikan sementara. Setelah kurang 15 menit dihentikan, balapan kembali dilanjutkan memasuki lap 17. Verstappen yang mendapat penalty dan harus start ketiga berhasil menyalip Hamilton dan Ocon untuk merebut kembali posisi terdepan. Setelah itu terjadi 2 kali Virtual Safety Car akibat insiden Sebastian Vettel dan Yuki Tsunoda dilap 23 serta Kimi Raikkonen yang menyenggol Vettel dilap 30, tetapi semuanya masih bisa melanjutkan lomba.

Puncak drama berada di lap 38, ketika Verstappen yang mencoba menutup ruang gerak Hamilton malah membuat Hamilton menyenggol bagian belakang mobil Verstappen. Setelah itu, Verstappen mendapat hukuman penati waktu 5 detik setelah memotong tikungan 1 selepas restart kedua. Hamilton sendiri akhirnya sukses menyalip Verstappen dan mempertahankan posisinya hingga finish.

Verstappen sendiri finish kedua dan mendapat penalti waktu 5 detik. Valtteri Bottas secara luar biasa menyalip Esteban Ocon menjelang finish dan meraih podium ketiga. Beberapa jam setelah balapan berakhir, Verstappen mendapat tambahan hukuman tambahan waktu 10 detik lagi setelah menjadi baing kerok dalam senggolan dengan Hamilton. Tetapu hukuman tersebut tidak mempengaruhi posisi Max dilomba tersebut.

Lewis Hamilton Memenangkan Balapan GP Arab Saudi Yang Penuh Dengan Drama

Dengan hasil ini membuat perolah poin antara Verstappen dan Hamilton kini sama persis yaitu 369,5 poin. Tetapi Verstappen berhak menepati puncak klasmen karena memiliki kemenangan lebih banyak yaitu 9 dibanding Hamilton yang hanya meraih 8 kemenangan. Seri terakhir di GP Abu Dhabi akhir pekan ini akan benar-benar menjadi penentuan siapa yang akan keluar sebagai juara dunia F1 musim 2021 ini.

Hasil Balapan

  1. Lewis Hamilton – Mercedes (Inggris)
  2. Max Verstappen – Red Bull (Belanda)
  3. Valtteri Bottas – Mercedes (Finlandia)
  4. Esteban Ocon – Alpine (Prancis)
  5. Daniel Ricciardo – Mclaren (Australia)
  6. Pierre Gasly – Alpha Tauri (Prancis)
  7. Charles Leclrec – Ferrari (Monako)
  8. Carlos Sainz – Ferrari (Spanyol)
  9. Antonio Giovinazzi – Alfa Romeo (Italia)
  10. Landi Norris – Mclaren (Inggris)
  11. Lance Stroll – Aston Martin (Kanada)
  12. Nicholas Latifi – Williams (Kanada)
  13. Fernando Alonso – Alpine (Spanyol)
  14. Yuki Tsunoda – Alpha Tauri (Jepang)
  15. Kimi Raikkonen – Alfa Romeo (Finlandia)
  16. Sebastian Vettel – Aston Martin (Jerman) (gagal finish)
  17. Sergio Perez – Red Bull (Meksiko) (gagal finish)
  18. Nikita Mazepin – Haas (Rusia) (gagal finish)
  19. George Russell – Williams (Inggris) (gagal finish)
  20. Mick Schumacher – Haas (Jerman) (gagal finish)

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

https://www.got.web.id/