Max Verstappen Menangi F1 GP Abu Dhabi, Charles Leclerc Kunci Posisi Kedua Klasmen

admin


Seri F1 GP Abu Dhabi ini menjadi penutup 22 lomba sepanjang musim 2022 yang termasuk kedalam salah satu musim terpanjang dalam sejarah F1.

Autos.id – Ajang balap jet darat bergengsi Formula One musim 2022 resmi berakhir pada hari Minggu (20/11/2022). Pada seri terakhir GP Abu Dhabi yang berlangsung di Sirkuit Yas Marina, juara dunia musim ini Max Verstappen keluar sebagai pemenang sekaligus menambah jumlah rekor kemenangan dalam semusim menjadi 15 balapan.

Charles Leclerc akhirnya sukses mengunci posisi kedua klasmen akhir setalah berhasil menahan gempuran Sergio Perez sepanjang balapan.

Jalanannya Balapan

Balapan GP Abu Dhabi sendiri berlangsung sepanjang 58 dan menjadi balapan penutup di musim 2022 ini. Max Verstappen yang start dari posisi terdepan, sukses mempertahankan posisinya. Juara dunia musim ini memimpin didepan rekan setimnya di Red Bull, Sergio Perez dan pembalap Ferrari, Charles Leclerc. Lewis Hamilton naik ke posisi 4 setelah menyalip Carlos Sainz pada awal lomba.

Namun hanya dalam beberapa lap, Hamilton harus turun ke posisi 6 setalah disalip balik oleh Sainz dan rekan setimnya di tim Mercedes, George Russell. Sepanjang 16 lap awal lomba, balapan berlangsung normal tanpa ada insiden atau momen-momen penting yang memperngaruhi jalannya balapan.

Memasuki lap 17, beberapa pembalap yang mayoritas start dengan ban Medium mulai masuk pit stop untuk mengganti ban Hard. Dimulai oleh Perez yang masuk pit stop disusul 2 pembalap Mercedes. Serta Carlos Sainz yang masuk setelah kedua pembalap Red Bull tersebut. Verstappen sendiri baru masuk pit stop pada lap 21 disusul Leclerc yang juga baru masuk pit 1 lap setelahnya.

Dalam salah satu momen pit stop, pembalap tim Mercedes, Gerorge Russell melakukan pit stop yang cukup membahayakan. Pemenang seri sebelumnya di GP Sao Paolo ini keluar dari pit dalam posisi yang tidak aman dan hampir menabrak pembalap tim Mclaren, Lando Norris. Alhasil pembalap asal Inggris ini dikenai hukuman penalti waktu 5 detik.

Pada lap ke 28, pembalap tim Alpine, Fernando Alonos harus mengakhiri balapannya karena masalah pada mobilnya. Lalu pada lap ke 34, Perez mengalami kesulitan dalam menjaga kecepatan dengan Leclerc yang terus menempel dirinya dalam beberapa lap terakhirnya. Hingga akhirnya pada pembalap asal Meksiko ini masuk pit stop kedua untuk mengganti ban Soft.

Dan strategi Perez yang kembali masuk pit stop serta Leclerc yang memutuskan untuk bertahan dengan ban Hard hingga finish hampir membuahkan hasil. Dari catatan waktu dari lap ke lap, Perez sebenarnya memiliki kecepatan yang lebih baik dari Leclerc. Namun karena beberapa terhalang pembalap urutan bawah serta Leclerc yang juga tampil konsisiten membuat Perez gagal menyalip Leclerc hingga akhir lomba.

Max Verstappen Menangi F1 GP Abu Dhabi, Charles Leclerc Kunci Posisi Kedua Klasmen

Beberapa lap menjelang finish, Lewis Hamilton harus keluar dari balapan karena masalah yang terjadipada mobilnya. Dan hingga 58 lap rampung, Max Verstappen tidak terkejar hingga finish sekaligus merebut kemenangan ke 15-nya musim ini. Sedangkan finish diposisi kedua sudah cukup bagi Charles Leclerc untuk mengunci posisi kedua klasmen akhir didepan Sergio Perez.

Balapan GP Abu Dhabi ini juga menjadi balapan perpisahan bagi Sebastian Vettel. Juara dunia 4 kali ini menutup karirnya di F1 dengan finish di posisi 10 serta meraih Driver Of The Day yang dipilih langsung oleh fans di seluruh dunia. Usai sudah F1 musim 2022 ini dan menghadirkan Max Verstappen yang meraih gelar juara dunia keduanya serta meraih berbagai rekor-rekor baru yang mungkin sulit untuk bisa dipecahkan oleh siapapun di masa depan.

Sumber Gambar: Motorsport.com

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

https://www.got.web.id/