Max Verstappen Meraih Gelar Juara Dunia F1 Pertama Secara Dramatis

admin


Balapan terakhir musim 2021 di GP Abu Dhabi yang penuh dengan drama akhirnya dimenangkan oleh Max Verstappen setelah melalui pertarungan yang ketat dengan Lewis Hamilton.

Abu Dhabi, Autos.id –  Pembalap Red Bull, Max Verstappen akhirnya berhasil meraih mimpinya untuk menjadi juara dunia F1. Pembalap Belanda tersebut secara dramatis mengalahkan rival terkuatnya, Lewis Hamilton pada balapan pamungkas di GP Abu Dhabi yang berlangsung Minggu malam (12/12/2021). Raihan ini sekaligus mengubur mimpi Hamilton untuk memecahkan rekor juara dunia terbanyak mengalahkan Michael Schumacher.

Selain itu, Verstappen juga menjadi pembalap asal Belanda pertama yang sukses menjadi juara dunia F1 serta memutus dominasi Mercedes-Benz selama era Hybrid sejak 2014.

Jalannya Balapan

Max Verstappen yang start diposisi terdepan menggunakan ban soft, sedangkan Lewis Hamilton start diurutan kedua start menggunakan ban medium. Selepas start, Hamilton langsung memimpin jalannya balapan ketika memasuki tikungan pertama. Verstappen sendiri tidak tinggal diam, dibeberapa tikungan setelahnya ia mencoba untuk kembali menyalip Hamilton, namun sayang usahanya gagal.

 

Selepas lap pertama, Hamilton memimpin dan mulai menjauh dari kejaran Verstappen. Rekan setim Verstappen, Sergio Perez berada dibelakangnya dan mencoba membantu Verstappen dengan tidak memberi pembalap lain menyalip dirinya.

Verstappen sendiri terlihat cukup kesulitan untuk mengejar Hamilton hingga akhirnya memutuskan untuk masuk ke pit stop dilap 13 untuk mengganti ban hard. 1 lap kemudian giliran Hamilton yang masuk ke pit stop juga mengganti ban hard. Dengan kedua pembalap masuk pit stop membuat Perez menjadi pemimpin balapan.

Perez yang tidak masuk pit mencoba untuk menahan Hamilton dengan tujuan agar Verstappen bisa mendekat ke Hamilton. Hingga akhirnya dilap ke 20 Hamilton berhasil menyalip Perez dan setelah disalip Hamilton, Perez memberi jalan untuk Verstappen untuk bisa mengejar Hamilton. Dan setelah turun keurutan ketiga, Perez akhirnya masuk pit stop.

Di lap ke 35, pembalap Alfa Romeo, Antonio Giovinazzi terpaksa harus mengakhir balapan lebih cepat setelah mengalami masalah pada gearbox mobilnya. Hal tersebut membuat Virtual Safety Car dikeluarkan dan pembalap harus memperlambat laju mobilnya. Hal ini terjadi karena Giovinazzi memberhentikan mobilnya berada ditepi lintasan.

2 lap kemudian, balapan kembali dilanjutkan dan Verstappen kembali mencoba untuk menipskan jaraknya dengan Hamilton. Drama sesungguhnya dimulai dilap 51, pembalap Williams, Nicholas Latifi menabrak tembok pembatas dan membuat Safety Car keluar ke lintasan. Momen ini dimanfaatkan oleh Verstappen untuk masuk pit stop mengganti ban soft, sedangkan Hamilton tidak masuk pit stop.

Dilap yang sama, Perez terpaksa harus meninggalkan balapan setelah mengalami masalah pada mesinnya. Dengan mundurnya, Perez maka Mercedes dipastikan meraih gelar juara dunia konstruktor. Kontroversi berlanjut diperiode safety car dimana 5 pembalap yang terkena overlap diantara Hamilton dan Verstappen tidak diperbolehkan untuk menyalip safety car.

Namun setelah berdiskusi, pantia lomba memperbolehkan 5 pembalap diantara Hamilton dan Verstappen untuk menyalip Safety Car dan membuat kedua pembalap ini sekarang benar-benar saling berdekatan. Dilap terakhir, Safety Car masuk ke pit dan balapan dilanjutkan dilap penentuan. Verstappen yang menggunakan ban soft yang baru berhasil menyalip Hamilton ditikungan ke 5.

Namun Hamilton mencoba kembali menyalip Verstappen ditikungan tersisa namun usahanya gagal dan Verstappen keluar sebagai juara sedangkan Hamilton finish diurutan kedua. Podium ketiga sendiri diraih oleh pembalap Ferrari Carlos Sainz dan membuat Ferrari mengunci posisi ketiga konstruktor serta posisi 5 klasmen pembalap bagi Sainz ditahun pertamanya bersama Ferrari.

 

Max Verstappen Meraih Gelar Juara Dunia F1 Pertama Secara Dramatis

Max Verstappen

Dengan kemenangan Verstappen ini, membuat dirinya mencetak sejarah sebagai pembalap Belanda pertama yang berhasil meraih gelar juara dunia. Serta untuk pertama kalinya sejak era mesin turbo hybrid yang dimulai tahun 2014 silam, bukan pembalap dari Mercedes yang berhasil meraih gelar juara dunia pembalap. Selamat Max Verstappen!

Hasil Balapan GP Abu Dhabi

  1. Max Verstappen – Red Bull (Belanda)
  2. Lewis Hamilton – Mercedes (Inggris)
  3. Carlos Sainz – Ferrari (Spanyol)
  4. Yuki Tsunoda – Alpha Tauri (Jepang)
  5. Pierre Gasly – Alpha Tauri (Prancis)
  6. Valterri Bottas – Mercedes (Spanyol)
  7. Lando Norris – Mclaren (Inggris)
  8. Fernando Alonso – Alpine (Spanyol)
  9. Esteban Ocon – Alpine (Prancis)
  10. Charles Leclerc – Ferrari (Monako)
  11. Sebastian Vettel – Aston Martin (Jerman)
  12. Daniel Ricciardo – Mclaren (Australia)
  13. Lance Stroll – Aston Martin (Kanada)
  14. Mick Schumacher – Haas (Jerman)
  15. Sergio Perez – Red Bull (Meksiko) – gagal finish
  16. Nicholas Latifi – Williams (Kanada) – gagal finish
  17. Antonio Giovinazzi – Alfa Romeo (Italia) – gagal finish
  18. George Russell – Williams (Inggris) – gagal finish
  19. Kimi Raikkonen – Alfa Romeo (Finlandia) – gagal finish
  20. Nikita Mazepin – Haas (Rusia) – tidak ikut balapan

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

https://www.got.web.id/