Menang Di GP Jepang, Max Verstappen Tampil Sebagai Juara Dunia F1 Musim 2022

admin


Ini merupakan gelar juara dunia kedua Max Verstappen setelah gelar pertama yang ia raih di musim lalu dan kali ini diraihnya secara meyakinkan.

Autos.id – F1 musim 2022 memasuki seri ke 18 pada gelaran GP Jepang. Pada balapan yang berlangsung dalam kondisi hujan lebat di Sirkuit Suzuka tersebut, pembalap tim Red Bull, Max Verstappen berhasil memenagi balapan tersebut sekaligus memastikan dirinya mempertahankan gelar juara dunianya di musim ini.

Kepastian Verstappen menjadi juara dunia F1 musim ini setelah rivalnya, pembalap Ferrari, Charles Leclerc yang finish diposisi kedua dikenai hukuman penalti 5 detik dan turun ke posisi 3.

Jalannya Balapan

Balapan GP Jepang yang berlansgung pada Minggu (9/10/2022) tersebut berlangsung dalam kondisi hujan lebat. Balapan sendiri direncanakan berlangsung selama 53 lap dengan Max Verstappen yang start dari posisi terdepan. Selepas start, Verstappen berhasil mempertahankan posisinya dari kejaran Charles Leclerc. Sedangkan rekan setim Verstappen, Sergio Perez berhasil menyalip pembalap Ferrari, Carlos Sainz untuk posisi ketiga.

Di tikungan pertama sudah terjadi insiden yang melibatkan Sebastian Vettel (Aston Martin) dan Fernando Alonso (Alpine) yang berakibat Vettel sempat melintir keluar lintasan. Insiden terjadi di tikungan 7 saat Carlos Sainz kehilangan kendalinya atas mobilnya dikondisi lintasan yang licin. Seketika ia harus mengakhiri balapannya lebih cepat dan Safety Car keluar lintasan.

Selain Carlos Sainz, pembalap tim Williams, Alexander Albon juga harus mengakhiri lombanya setelah mengalami masalah pada sistem hidrolik mobilnya. Lalu pada lap ketiga, kondisi lintasan semakin membahayakan dan visibilitas yang kurang baik sehingga bendera merah tanda balapan dihentikan sementara dikibarkan. Semua pembalap masuk ke pit stop sambil menunggu kondisi cuaca mulai kondusif untuk dilanjutkan.

Memenangi GP Jepang, Max Verstappen Keluar Sebagai Juara Dunia F1 Musim 2022

Setelah kurang lebih hampir 2 jam ditunda, balapan kembali dilanjutkan. Namun balapan bukan menggunakan hitungan lap lagi tetapi hitungan waktu mundur. Ini terjadi berkaitan dengan batas durasi balapan yang harus maksimal berlangsung selama 3 jam. Saat periode bendera merah dikibarkan, FIA melakukan investigasi terhadap crane yang tiba-tiba masuk ke lintasan dan membahayakn pembalap.

Saat balapan kembali dilanjutkan, steward memutuskan menggunakan metode Roling Start dengan Safety Car yang memimpin di lintasan selama beberapa lap hingga balapan bisa dimulai dengan normal. Saat Restart dimulai, beberapa pembalap yang sebelumnya mengunakan ban Full Wet saat periode bendera merah mulai berganti ke ban intermediate.

Saat semua pembalap sudah melakukan pi stop, Max Verstappen memimpin jalannya lomba di 20 menit waktu tersisa. Ia unggul hampir 7 detik atas Leclerc dan Perez yang bersaing ketat memperebutkan posisi kedua. Lalu ada juga Lewis Hamilton (Mercedes) yang mencoba menyalip Esteban Ocon (Alpine) untuk posisi keempat, namun sayangnya berbagai upaya gagal membuahkan hasil.

Drama terjadi pada menit-menit akhir menjelang balapan usai, Sergio Perez terus berusaha untuk menyalip Charles Leclerc. Pada dua menit menjelang balapan usai, Perez berusaha menyalip Leclerc di sisi dalam lintasan. Namun Leclerc berhasil memblok usaha dari Leclerc dengan cara memotong chicane terakhir.

Memenangi GP Jepang, Max Verstappen Keluar Sebagai Juara Dunia F1 Musim 2022

Hingga akhir balapan Max Verstappen tidak terkejar dan memenangi balapan GP Jepang disusul Leclerc dan Perez. Namun beberapa saat menjelang balapan usai, Steward menghukum Leclerc dengan penalti tambahan 5 detik. Dengan begitu Sergio Perez naik ke posisi kedua dan Charles Leclerc turun keposisi 3. Dengan begitu membuat Max Verstappen memastikan dirinya merebut gelar juara dunia musim ini.

Ini merupakan gelar juara dunia kedua setelah gelar juara dunia pertamanya diraih pada balapan pamungkas GP Abu Dhabi tahun lalu. Sedangkan Sergio Perez berhasil menyalip posisi Charles Leclerc dari posisi kedua klasmen sementara. Balapan selanjutnya akan berlangsung di GP Amerika Serikat di Circuit of The Americas pada 21 hingga 23 Oktober mendatang.

 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

https://www.got.web.id/