Mengenal Apa itu Crumple Zone, Konsep untuk Fitur Keselamatan

admin


Autos.id Crumple Zone atau zona deformasi adalah fitur keselamatan yang di rancang khusus untuk penyerapan energi tabrakan saat terjadinya kecelakaan. Biasanya Crumple Zone ini berada di bagian depan dan belakang mobil guna untuk melindungi kendaraan.

Fungsi utama dari Crumple Zone ini untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada kendaraan, selain itu juga untuk keselamatan bagi para pengguna berkendara.

Saat mobil mengalami tabrakan, energi kinetik yang diciptakan akan berubah jadi energi potensial dalam bentuk deformasi struktur mobil. Kemudian zona deformasi tersebut akan terjadi penekukan dan pelengkungan, alhasil energi yang diterima oleh penumpang akan mengurangi dampak dari tabrakan tersebut

Baca Lagi : 3 Cara Merawat Standar Tengah Pada Sepeda Motor Agar Tetap Awet

Pada umumnya, zona ini terbuat dari bahan yang mudah dilengkungkan seperti serat karbon ataupun logam yang tipis. Ketika terjadinya tabrakan, pada zona deformasi tersebut akan memungkinkan untuk melengkung lebih mudah.

Dalam keseluruhan sistem keselamatan berkendara. Crumple Zone termasuk salah satu elemen yang penting untuk meminimalisir resiko terjadinya cedera ataupun kematian akibat kecelakaan lalu lintas.

Zona deformasi dirancang dengan sangat baik dan tepat. Hal ini berguna untuk menghindari adanya kerusakan kritis seperti mesin dan sistem penggerak pada mobil. Mengenai biaya perbaikan dan biaya asuransi juga dapat meminimalisir adanya pengeluaran bagi pemilik kendaraan.

Namun, perlu diingat bahwa Crumple Zone ini tidak selalu mampu melindungi pengemudi dan penumpang dalam semua jenis tabrakan. Adanya berbagai faktor lain yang dapat mempengaruhi tingkatan cedera, seperti dalam kecepatan berkendara, jenis kendaraan yang terlibat dan juga pada jenis tabrakan itu sendiri.

Meskipun Crumple Zone penting dalam meningkatkan keselamatan. Pengendara mobil masih perlu tetap selalu berhati-hati dan taat pada peraturan lalu lintas. Maka dari itu, resiko kecelakaan pada mobil saat berkendara akan diminimalisirkan.

Bela Barenyi adalah seeorang insinyur berasal dari Australia yang pertama kali memperkenalkan Crumple Zone. Teknologi Crumple Zone ini diterapkan pada mobil Mercedes-Benz Fintail di tahun 1959. Tidak hanya itu, Crumple Zone juga ternyata paling sering diterapkan pada kereta api yang sedang mengangkut penumpang.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

https://www.got.web.id/