Mengenal VW Kombi, Harga Bekasnya Tinggi!

admin


VW Kombi adalah salah satu jenis mobil Eropa yang menjadi primadona di Indonesia saat masa keemasan.

Autos.id – Jika kita berbicara tentang Volkswagen (VW), pasti akan teringat pada dua model legendarisnya yaitu Beetle (kodok) dan Kombi. Tentu saja, kedua mobil ini adalah senjata andalan dari pabrikan Jerman tersebut untuk sukses dalam industri otomotif dunia.

Mengenai VW Kombi, model ini adalah asal muasal dari mobil van modern untuk pengangkutan barang atau penumpang saat ini.

Jika kita membicarakan sejarah VW Kombi, VW jenis ini awalnya  berkode VW Type 2, mengikuti VW Beetle yang diberi kode VW Type 1.

Mobil ini terkenal dengan nama resmi Transporter atau Kombi (Kombinationskraftwagen), merupakan sebuah mobil van yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1950. Mobil ini pertama kali menjadi model kedua VW setelah keberhasilan model sebelumnya, VW Beetle, di pasar.

Asal mula ide Kombi VW ini berasal dari importir mobil VW Belanda, Ben Pon. Pada tahun 1947, Ben terinspirasi oleh troli bermotor yang ada di pabrik-pabrik. Kemudian, Ben membayangkan sebuah mobil berbentuk kotak yang memiliki ruang lega untuk mengangkut barang seperti troli.

Untuk mewujudkan ide tersebut, Ben membuat sketsa menggunakan sasis VW Beetle dan pada 8 Maret 1949, mobil ini pertama kali ditampilkan di Jenewa Motor Show. Pihak VW kemudian memperbaiki desain dan memasukkan mobil ini ke jalur produksi.

Pada akhir tahun 1967, Volkswagen memperkenalkan generasi kedua dari Kombi. Model ini diproduksi di Jerman hingga tahun 1979 dan di Meksiko hingga tahun 1994. Model sebelum tahun 1971 disebut T2a dan setelah tahun 1979 disebut T2b.

Dalam pasar Amerika Serikat, VW Kombi beradu dengan mobil seperti Ford Econoline, Dodge A100, dan Corvair 95 Corvan. Sementara di pasar Eropa, Kombi berkompetisi dengan Renault Estafette dan Ford Transit.

Ruang kemudi VW Kombi. (Sumber: Twitter)

Varian VW Kombi di Indonesia

Di Indonesia, terdapat beberapa jenis varian VW Kombi yang dijual, yaitu tipe minibus, seperti Kombi dan Microbus. Ada juga varian langka seperti panel van dan pickup, baik single maupun double cabin. Varian seperti ini biasanya merupakan pesanan khusus.

Pada tahun 1970-an, pemerintah mengadakan program Kendaraan Bermotor Niaga Serbaguna (KNBS) bagi distributor kendaraan bermotor, dan Volkswagen ikut serta dengan menghadirkan VW Mitra pickup.

Untuk jenis Kombi, yang juga dikenal dengan sebutan T2, lebih ditujukan untuk barang, meskipun juga bisa digunakan sebagai mobil penumpang. Interior tidak memiliki pembatas antar kabin, dan memiliki 2 buah kursi depan terpisah.

Sedangkan Microbus tujukan sebagai mobil penumpang, dengan interior memiliki pembatas antar kabin dan kursi depan memanjang model bench seat. Jalur ventilasi udara juga lebih panjang dan lengkap.

Harga VW Kombi Bekas

Selain sebagai koleksi dengan tampilan ikonis dan nilai sejarah tinggi, banyak masyarakat Indonesia yang masih mencari VW Kombi untuk keperluan usaha.

Bagi yang tertarik untuk membelinya, berikut adalah estimasi harga bekas VW Kombi di Indonesia dari berbagai sumber.

Spesifikasi VW Kombi.

Spesifikasi VW Kombi. (Sumber: Autofun)

Volkswagen Kombi 1974

Harga: Rp80.000.000

Volkswagen Kombi 1977

Harga: Rp90.000.000

Volkswagen Kombi 1978

Harga: Rp139.000.000

Volkswagen Kombi 1979

Harga: Rp165.000.000

Volkswagen Kombi 1980

Harga: Rp90.000.000

 

Sumber: Berbagai sumber

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

https://www.got.web.id/