Mengulik Perbedaan Honda Jazz dan Honda City Hatchback RS Di Lintasan Balap

admin


Sentul, Autos.id  –   Balapan Honda Jazz Speed Challenge (HJSC) yang sudah digelar oleh Honda Prospect Motor (HPM) selama 10 musim atau 10 tahun terpaksa dihapus dari jadwal balap ISSOM di Sirkuit Sentul. Mengingat produksi Honda Jazz sudah tidak dilanjutkan lagi dan posisinya kini digantikan oleh Honda City Hatchback RS.

Karena itu, HPM kini menggelar One Make Race (OMR) Honda City Hatchback RS Speed Challenge (HCHBSC) untuk menggantikan HJSC dan juga Honda Brio Speed Challenge (HBSC).

Alvin Bahar, pembalap senior yang juga menjadi pembalap andalan HPM mengaku ada perbedaan saat menunggangi Honda Jazz dengan City Hatchback RS di lintasan balap Sirkuit Sentul. Menurutnya, tinggi City Hatchback RS lebih rendah dari Jazz hingga bisa menambah aerodinamika di lintasan balap.

“Begitu juga dengan wheelbase City Hatchback RS lebih besar dari Jazz, dan dengan wheelbase lebih besar ini suspense akan lebih stabil saat melaju kencang. Begitu juga torsi City Hatchback RS lebih besar dari Jazz hingga mesin lebih bertenaga saat berada di rpm tengah,” tukas Alvin.

Sementara itu, dalam ajang balap One Make Race yang mempertandingkan HCHBSC dan HBSC. Rio SB berhasil keluar sebagai juara OMR HCHBSC dengan catatan waktu 19 menit 8,983 detik diikuti Fitra Eri berhasil menempati peringkat kedua dan Akheela Chandra yang menempati peringkat ketiga.

Alvin Bahar (kedua dari kiri) bersama dengan manajemen Honda Prospect Motors

Kemudian untuk HBSC, Rayhan Denendra berhasil meraih juara dengan catatan waktu 20 menit 30,858 detik, diikuti oleh Samuel D.B Ondang dan Dony Damara di peringkat tiga.

One Make Race musim ini berhasil mendapat sambutan yang antusias dimana jumlah pesertanya meningkat menjadi total 25 peserta. Untuk menambah keseruan, Honda meningkatkan hadiah bagi para pemenang hingga total 465 juta rupiah serta kategori tambahan berupa kategori Team of the Year, Rising of the Year, Promotion of the Year, Fastest Lap of the Year dan Most Improved Position.

Honda akan menerapkan peraturan baru dengan meniadakan pembagian kelas dalam HBSC dan HCHBSC sehingga setiap peserta dapat bersaing lebih kompetitif. Selain itu, pemenang dari setiap serinya akan diberikan pemberat tambahan (ballast) seberat 75 kg untuk HCHBSC dan 50 kg untuk HBSC.

Kejuaraan Nasional Touringcar dan One Make Race ISSOM 2023 akan diselenggarakan di sirkuit Sentul mulai dari bulan Maret hingga November 2023.

 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

https://www.got.web.id/