Pemprov DKI Jakarta Mau Beli Hyundai IONIQ 5?

admin


Pemprov DKI Jakarta Berencana Akan Membeli Hyundai IONIQ 5 Untuk Kendaraan Dinas

Autos.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana untuk melakukan pengadaan sebanyak 21 kendaraan dinas bertenaga listrik pada tahun 2023 ini. Kepala Badan Pengelolaan Aset Daerah (BPAD) DKI Jakarta Reza Pahlevi mengatakan pihaknya berencana akan membeli 21 unit mobil listrik untuk kendaraan dinas tahun 2023. Belum ada detail total alokasi anggaran secara keseluruhan, namun menurut Reza harga satu mobil listrik mencapai Rp 800 juta.

“Anggarannya gede sekali. Hampir Rp 800 juta,” ungkap Kepala Badan Pengelolaan Aset Daerah (BPAD) DKI Reza Pahlevi kepada wartawan, Senin (20/2/2023).

Penggunaan mobil listrik sebagai kendaraan dinas ini merupakan instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo. Perintah Jokowi untuk menggunakan kendaraan listrik itu tertuang dalam Instruksi Presiden No. 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Kebijakan tersebut ditandatangani Jokowi pada 13 September 2022.

Anggaran Pembelian mobil sudah masuk ke E-Catalouqe

Pemilihan penyedia sudah dijadwalkan dan akan dimulai pada Oktober 2023, pemanfaatan barang ditargetkan mulai November 2023.

Pengadaan tersebut diberi kode RUP 38861396 dengan nama paket ‘Belanja Modal Kendaraan Bermotor Penumpang Ioniq 5 EV’. Pengadaan dilakukan oleh Pemprov DKI pada satuan kerja Pusat Penyimpanan Barang Daerah.

Kendaraan listrik ini nantinya akan digunakan untuk kegiatan dinas gubernur, sekretaris daerah, asisten pemerintahan, inspektorat, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dan seluruh SKPD terkait.

Pemprov DKI

Jika melihat dari jumlah anggaran sebesar Rp 800 juta, setidaknya ada 3 merek mobil listrik penumpang yang menjadi kandidat, yaitu Hyundai, Nissan, dan Wuling. Sedangkan untuk merek lainnya ada pada harga mendekati Rp 1 miliar atau bahkan lebih. Seperti MINI Electric mendekati Rp 1 miliar, dan Toyota New BZ4X dan Lexus UX 300e sudah menembus Rp 1 miliar.

Terdapat empat varian yang dipasarkan di Tanah Air, yakni Ioniq 5 Prime standard range Rp748 juta, Prime long range Rp789 juta, Signature standard range Rp809 juta dan dan Ioniq 5 Signature long range Rp859 juta.

Hyundai Ioniq 5 dapat menempuh kecepatan maksimal hingga 185 km per jam. SUV listrik ini hanya butuh waktu 8,5 detik untuk memacu kecepatan dari 0-100 km per jam. Untuk varian Signature Standard Range, mobil ini dapat menempuh jarak 384 km sementara varian Long Rangenya dapat mencapai 451 km.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

https://www.got.web.id/