Perawatan Jeep Rubicon Berapa Sih?

admin


Perawatan Jeep Rubicon merupakan model mobil untuk kalangan atas mengingat harganya yang mencapai lebih dari Rp1 miliar.

Autos.id – Jeep Rubicon memulai debutnya pada tahun 2003 silam. Nama Rubicon sendiri diambil dari nama salah satu varian dari Jeep Wrangler TJ, yaitu Rubicon Trail.

Rubicon Trail merupakan lokasi yang terletak di kawasan Sierra Nevada Mountains. Varian Jeep Rubicon terkenal publik pada tahun 2002 dan memiliki spesifikasi yang tangguh untuk melewati medan terjal sehingga nyaman untuk offroad.

Jeep Rubicon. (Sumber: Jeep Surabaya)

Jeep adalah perusahaan multinasional yang memproduksi kendaraan jenis SUV. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1941 di Toledo, Ohio, Amerika Serikat. Pada awalnya, perusahaan yang legendaris ini dikenal dengan nama Willys-Overland Motor yang memproduksi MB Willys sebagai mobil tempur era Perang Dunia II. Kemudian, Jeep beralih ke produksi komersial dengan tetap memproduksi jenis SUV melalui merek Jeep.

Di Indonesia, distributor resmi Jeep saat ini dipegang oleh PT DAS Indonesia Motor. General distributor untuk Indonesia ini merupakan gabungan dari tiga perusahaan, yaitu Dili Auto Service, JHL Group, dan Maju Motor Group.

Interior Jeep Rubicon.

Interior Jeep Rubicon. (Sumber: Indian Autos Blog)

Biaya Perawatan Jeep Rubicon

Jeep Rubicon merupakan mobil yang memiliki banderol harga yang cukup tinggi, sehingga perawatannya pun membutuhkan biaya yang tak murah. Namun, untuk memberikan gambaran, berikut adalah pembahasan tentang biaya servis dari Jeep Rubicon ini.

Untuk perawatan berkala seperti ganti oli, biayanya mencapai Rp2,310 juta. Biaya tersebut sudah termasuk penggantian oli mesin sebanyak 6 liter, filter oli, Carb Cleaner, serta jasa bengkel.

Namun, terdapat perbedaan biaya yang harus dikeluarkan untuk paket penggantian pelumas mobil. Karena Jeep Rubicon merupakan mobil berpenggerak empat roda, maka dibutuhkan pelumas khusus seperti oli gardan, oli transmisi, dan oli transfercase.

Akan tetapi jangan khawatir karena perawatan ini tidak diberlakukan secara berkala, melainkan dilakukan setiap 50.000 km sekali atau ketika mobil dipakai untuk offroad melalui jalan yang berlumpur.

Jeep Rubicon.

Jeep Rubicon. (Sumber: YouTube BGCamera)

Adapun biaya penggantian pelumas ini sejumlah Rp4,025 juta sudah termasuk oli transmisi, oli gardan, oli transfercase, dan juga filter matic.

Tidak hanya itu, terdapat juga paket tune up yang ditawarkan bengkel senilai Rp2,5 juta. Paket tersebut sudah termasuk busi sebanyak 6 buah, filter udara, serta jasa perawatan lainnya.

Sebagai mobil yang memiliki spesifikasi tangguh untuk medan terjal, Jeep Rubicon memang sangat nyaman digunakan untuk diajak offroad. Oleh karena itu, pemilik mobil harus siap merogoh kocek yang cukup besar untuk perawatan Jeep Rubicon mereka. Semata agar mobil tersebut agar tetap awet dan terjaga kualitasnya.

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

https://www.got.web.id/