Plat Nomor Cantik Begini Cara Buatnya

admin


Autos.id – Plat nomor menjadi bagian pembeda antara satu kendaraan dengan kendaraan lainnya. Agar berbeda dengan kendaraan lainnya. Tak sedikit pemilik kendaraan menggunakan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) dengan nama atau kata tertentu agar terlihat cantik dan unik.

Namun perlu diingat jika plat nomor cantik ini memiliki fungsi yang sama seperti plat kendaraan pada umumnya, sehingga tidak bisa plat nomor cantik digunakan oleh dua kendaraan yang berbeda.

Cara membuat plat nomor cantik umumnya tidaklah berbeda dengan cara membuat plat nomor pada umumnya. Salah satu perbedaannya adalah pada formulir yang perlu dilengkapi. Berikut ini adalah beberapa langkah cara membuat plat nomor cantik.

Berikut beberapa Langkah yang perlu Anda lakukan jika ingin membuat pelat nomor cantik, diantaranya adalah

Baca Juga: Esemka BIMA EV Kok Setengah Milyar?

1. Mendatangi Samsat

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan ialah mendatangi samsat tau tempat kepolisian menerbitkan plat nomor kendaraan atau mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) dan keperluan kendaraan lainnya.

Adapaun beberapa dokumen yang perlu Anda siapkan, yaitu Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), fotocopy KTP, KK dan jika sudah memiliki Bukti Pembelian Kendaraan Bermotor (BPKB) juga bisa dibawa atau bukti pembelian kendaraan dari dealer.

Selain itu juga pihak yang membuat plat ini adalah orang yang bersangkutan dan tidak dapat diwakilkan.

2. Mengisi Formulis NRKB 

Untuk membuat plat nomor cantik dan untuk mengetahui biaya pembuatan nopol tersebut, langkah selanjutnya ada perlu mengisi formular NRKB. Untuk kendaraan dengan nomor umum, Anda menggunakan formulir Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), sementara untuk kendaraan plat khusus formulir yang digunakan adalah NRKB.

3. Pemeriksaan Ketersediaan Pelat Nomor

Setelah Anda mengisi Formulir NRKB tersebut, selanjutnya petugas akan memeriksa ketersediaan plat nomor yang Anda inginkan. Jika nomor cantik yang Anda inginkan masih tersedia maka akan melanjutkan ke langkah berikutnya. Namun jika nomor tersebut sudah digunakan orang lain, makan Anda tidak bisa menggunakannya.

4. Membayar Biaya Pelat Nomor Cantik

Langkah berikutnya adalah membayar biaya pembuatan plat nomor unik yang sudah Anda pilih. Untuk harga masing-masing plat nomor unik tentunya akan berbeda antara satu dengan yang lainnya, semakin sedikit angka pada plat nomor tersebut, maka harganya akan semakin mahal.

5. Memasukan Data Oleh Petugas

Setelah Anda melakukan semua langkah tersebut dan melakukan pembayaran sesuai dengan biaya harga plat dengan nomor antik yang Anda inginkan maka petugas akan memasukan data-data yang mereka butuhkan.

Lalu setelah petugas selesai memasukan data-data yang dibutuhkan, maka Anda akan mendapatkan sertifikat atas kepemilikan pelat nomor unik tersebut. Pada proses ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama daripada beberapa langkah sebelumnya.

Lamanya proses pembuatan plat nomor umum berbeda dengan pembuatan plat nomor cantik, karena itu Anda harap menunggu dengan sabar untuk menyelesaikan proses pembuatan plat nomor cantik ini ya.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

https://www.got.web.id/