Rekomendasi dan Tips Memilih Mobil Campervan di Indonesia

admin


Campervan adalah salah satu jenis mobil yang memiliki banyak kegunaan mengingat kelebihannya di sisi ruang yang lega.

Autos.id – Dampak pandemi telah membuat banyak orang merencanakan perjalanan yang lebih banyak dan berbeda dari sebelumnya.

Salah satu cara yang banyak diminati adalah menggunakan mobil campervan, yaitu kendaraan yang dilengkapi dengan fasilitas tempat tinggal sehingga pengguna bisa beristirahat dengan nyaman di dalamnya selama perjalanan, dan juga menghemat biaya akomodasi.

Akan tetapi, sebelum membeli mobil campervan, Anda perlu mengetahui harga dan beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan. Agar perjalanan Anda berjalan lancar dan menyenangkan, penting untuk memilih mobil campervan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut adalah rekomendasi mobil campervan untuk Anda:

 

Suzuki APV

Suzuki APV. (Sumber: Suzuki Indonesia)

Suzuki APV memiliki pintu yang dibuka seperti mobil pada umumnya, berbeda dengan beberapa jenis campervan lain yang menggunakan pintu geser. Meskipun demikian, mobil ini tetap bisa dipertimbangkan sebagai campervan karena memiliki kabin yang luas.

Selain itu, harganya relatif terjangkau, berkisar dari Rp70-125 juta untuk kondisi bekas, atau mulai dari Rp250 juta untuk mobil baru, jika dibandingkan dengan jenis campervan lain.

 

Daihatsu Gran Max

Daihatsu Gran Max.

Daihatsu Gran Max. (Sumber: Astra Daihatsu)

Daihatsu Gran Max sangat cocok dijadikan campervan karena memiliki kabin yang luas dan dilengkapi dengan pintu geser yang praktis serta jok yang bisa dilipat rata menempel pada lantai. Mobil ini cukup nyaman digunakan, baik saat masuk maupun berada di dalamnya.

Harga bekas Gran Max tergantung pada kondisinya, mulai dari Rp60 juta sampai Rp130 juta. Jika ingin membeli baru, harganya mulai dari Rp190 jutaan.

 

Daihatsu Luxio

Daihatsu Luxio.

Daihatsu Luxio. (Sumber: Promo Harga Daihatsu)

Selain memiliki Gran Max, Daihatsu juga memiliki Luxio yang memiliki fitur yang sama, yaitu pintu geser dan kabin yang luas. Namun, Luxio terlihat lebih mewah daripada produk kembarannya sehingga cocok digunakan sebagai mobil keluarga.

Suspensi Luxio juga empuk sehingga memberikan kenyamanan selama perjalanan liburan sebagai mobil campervan. Dengan keunggulan yang dimiliki, harganya tetap terjangkau, yaitu berkisar antara Rp90 juta hingga Rp125 juta untuk mobil bekas dan mulai dari Rp230 juta untuk Luxio baru.

 

Nissan Evalia

Nissan Evalia.

Nissan Evalia. (Sumber: Semisena)

Mobil ini cukup handal untuk dimodifikasi menjadi mobil campervan karena memiliki kabin yang luas dengan pintu geser. Namun sayangnya, Nissan Evalia sudah tidak diproduksi lagi, sehingga hanya tersedia dalam kondisi bekas.

Akan tetapi jangan khawatir, asalkan teliti, harga bekasnya berkisar antara Rp60 jutaan. Sedangkan untuk harga barunya, dulu dijual seharga Rp190 juta hingga Rp230 juta.

 

Hyundai H1

Hyundai H1.

Hyundai H1. (Sumber: Hyundai)

Mobil buatan Korea Selatan ini memiliki kabin yang sangat luas, bahkan ukurannya mirip dengan Toyota Alphard. Mesinnya juga handal karena tersedia dalam dua jenis mesin, yaitu bensin dan diesel yang memberikan tenaga yang optimal.

Dengan pintu gesernya, Hyundai H1 memberikan kenyamanan tambahan jika digunakan sebagai campervan. Namun harganya cukup mahal, untuk H1 terbaru harganya sekitar Rp500 juta hingga Rp600 juta. Sedangkan untuk mobil bekas, harganya tergantung pada tahun produksinya. Kisarannya, mulai dari Rp100 jutaan hingga Rp400 jutaan.

 

Tips Memilih Mobil Campervan

Setelah mengetahui apa saja rekomendasi mobil campervan di Indonesia, Anda juga perlu memastikan mengikuti beberapa tips dalam memilihnya seperti berikut:

 

Menentukan Standar Kebutuhan

Sebelum memilih mobil campervan yang sesuai, penting untuk menetapkan standar kebutuhan pribadi agar tidak salah memilih. Hal ini meliputi jumlah orang yang akan diakomodasi dan luas kabin yang dibutuhkan.

Dengan demikian, interior kabin bisa didesain sesuai dengan kebutuhan dan selera agar memberikan kenyamanan selama perjalanan. Sebelum memilih mobil, pastikan Anda telah memiliki desain yang matang dan dapat disesuaikan dengan jenis mobil yang akan digunakan.

 

Tetapkan Anggaran

Ada banyak jenis mobil yang dapat di modifikasi jadi campervan, seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya. Namun, setelah merencanakan bangun Campervan, Anda juga perlu realistis dengan anggaran yang tersedia.

Tidak hanya membeli mobil, namun juga perlu mempertimbangkan biaya modifikasi dan kelengkapan campervan lainnya.

Mengingat fungsi mobil campervan untuk memberikan kenyamanan selama perjalanan, Anda juga perlu mempertimbangkan anggaran untuk kebutuhan selama perjalanan.

 

Utamakan Faktor Keamanan dan Kenyamanan

Mobil campervan bertindak sebagai transportasi dan akomodasi sekaligus. Oleh karena itu, keamanan dan kenyamanan adalah faktor utama yang harus dipertimbangkan saat berkendara maupun menginap di dalam mobil.

Pastikan untuk memeriksa setiap aspek mobil, terutama sistem kelistrikan, dan pastikan semua bagian bekerja dengan baik. Disarankan untuk meminta bantuan dari profesional untuk memeriksa bagian-bagian krusial tersebut sehingga masalah dapat dihindari di masa depan.

 

Tentukan Tujuan

Tujuan dan keinginan perjalanan juga memengaruhi jenis mobil yang dipilih. Perjalanan jarak jauh membutuhkan mobil dengan performa yang baik agar dapat melewati medan yang berbeda.

Perjalanan camping singkat akan memerlukan jenis mobil yang berbeda dengan campervan untuk perjalanan jarak jauh atau medan off-road yang memerlukan spesifikasi yang khusus.

 

Diskusikan dengan Orang yang Berpengalaman

Jika Anda baru mulai tertarik pada campervan, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan seseorang yang lebih berpengalaman.

Bagikan ide dan keinginan Anda dan mintalah saran dan masukan terbaik sebelum membeli mobil. Hal ini dapat membantu Anda membuat keputusan yang tepat sebelum membeli mobil campervan.

 

 

Sumber: Berbagai sumber

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

https://www.got.web.id/