Setelah Absen Dua Tahun, F1 GP Kanada Kembali Hadir Pekan Ini

admin


Balapan GP Kanada akhir pekan ini merupakan seri ke 9 dari rencana 22 lomba untuk musim balap F1 tahun 2022 ini.

Autos.id – Setelah absen selama 2 tahun karena pandemi Covid-19, ajang balap F1 kembali datang ke Kanada. Sirkuit Gilles-Villeneuve di Montreal akan menjadi arena balapan GP Kanada akhir pekan ini setelah balapan terkahir di sirkuit ini pada tahun 2019.

Setelah GP Azerbaijan, Red Bull semakin perkasa diposisi teratas klasmen baik itu pembalap dan konstruktor serta Ferrari yang semakin jauh tertinggal.

Tekanan Berat Di Kubu Ferrari

Balapan GP Kanada kali ini akan menjadi ujian berat bagi tim Kuda Jingkrak, Ferrari. Tim yang pada awal musim diprediksi akan melenggang mudah di kompetisi tahun ini justru memperlihatkan serangkaian hasil mengecewakan pada beberapa balapan terakhir. Puncaknya adalah pada GP Azerbaijan kemarin dimana kedua pembalapnya, Carlos Sainz dan Charles Leclerc gagal finish karena masalah mesin.

Masalah reabilitas mesin kini menjadi sorotan utama tim merah ini. Charles Leclerc sudah mengalami 2 kali masalah mesin setelah sebelumnya ia alami pada GP Spanyol silam. Terlebih dengan aturan jatah 3 mesin selama tahun 2022 dan 2 mesin yang sudah rusak dan tidak bisa dipakai ini membuat pembalap Monako ini harus bersiap-siap mendapat penalti dalam beberapa balapan mendatang.

Selain itu Carlos Sainz yang tampil angin-anginan juga menjadi sorotan berikutnya. Pembalap asal Spanyol ini dinilai sulit untuk bisa mengimbangi performa Leclerc serta sulit menjadi penyelamat tim disaat Leclerc mengalami nasib yang kurang beruntung. Tidak ketinggalan berbagai blunder strategi yang dilakukan Ferrari juga menjadi sorotan dan mulai meragukan kemampuan mereka untuk bersaing menjadi juara dunia.

Setelah Absen 2 Tahun, F1 GP Kanada Kembali Hadir Akhir Pekan Ini

F1 GP Azerbaijan 2022

Angin Segar Ke Red Bull

Berbeda dengan apa yang didapat Red Bull, sempat mengalami kesulitan di awal musim, penampilan tim banteng merah justru mulai menunjukan penampilan terbaiknya. Mesin Honda yang dilabeli Red Bull Powertrain ini menjadi  mesin terkencang dengan paket yang sempurna dalam menyiasati masalah porpoising yang menghambat mayoritas tim.

Selain itu penampilan solid kedua pembalapnya, Max Verstappen dan Sergio Perez juga menjadi sinyal kuat bahwa Red Bull justru berada posisi yang sangat menguntungkan. Terlebih dengan masalah yang dialami rival utama mereka musim ini yaitu Ferrari serta Mercedes yang belum sepenuhnya bangkit membuat peluang mereka menjadi juara dunia juga semakin mudah.

Bagaimana dengan Mercedes? Masalah porpoising masih menjadi masalah terbesar yang masih belum bisa mereka atasi. Bahkan pada balapan GP Azerbaijan kemarin, Lewis Hamilton bahkan mengeluhkan sakit punggung karena efek porposing ini serta sempat dikabarkan akan absen pada balapan GP Kanada akhir pekan ini.

Sehingga tim “Silver Arrows” ini masih akan mengandalkan konsistensi George Russell yang menjadi pembalap paling konsisten dengan selalu finish di 5 besar selama musim ini berjalan. Pembalap muda asal Inggris ini juga diharapkan bisa kembali menjadi penyelamat tim Mercedes terlebih dengan berbagai masalah fundamental yang masih belum terselesaikan.

Setelah Absen 2 Tahun, F1 GP Kanada Kembali Hadir Akhir Pekan Ini

Circuit Gilles Villeneuve

Sekilas Mengenai GP Kanada

GP Kanada sudah absen sejak terakhir kali menggelar balapan pada tahun 2019 silam. Saat itu, salah satu momen menengangkan terjadi saat Sebastian Vettel yang seharusnya menjadi pemenang terkena penalti 5 detik karena dianggap memotong tikungan dan membahayakan Lewis Hamilton. Bahkan saat itu pembalap asal Jerman ini menukar papan posisi kedua yang ia dapatkan dengan papan posisi pertama yang seharusnya ia dapatkan andai tidak terkena penalti.

Selain itu salah satu momen yang paling bersejarah di GP Kanada adalah balapan selama 4 jam akibat cuaca hujan badai pada tahun 2011 silam. Saat itu balapan berlangsung sangat kacau dengan keluarnya Safety Car beberapa kali dan diakhiri dengan melebarnya Sebastian Vettel yang sudah memimpin sepanjang balapan dan harus merelakan kemenangannya direbut oleh Jenson Button.

Sirkuit Gilles Villeneuve kemungkinan besar masih akan menjadi arena panggung bagi Red Bull. Terlebih sirkuit ini masih dipenuhi dengan beberapa trek lurus panjang yang menjadi keunggulan mutlak mesin Honda ini. Menurut anda siapa yang akan keluar menjadi pemenang GP Kanada akhir pekan ini?

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

https://www.got.web.id/