Toyota Kerjasama Dengan BYD Garap Sedan Listrik Terjangkau

admin


Toyota akhirnya memilih untuk bekerjasama dengan BYD (Build Your Dream) untuk memproduksi sedan listrik dengan harga terjangkau untuk pasar China.

Jakarta, Autos.id – Baru-baru ini, Toyota sudah merilis Toyota bZ4x. Kali ini, Toyota mengincar pasar China, tempat di mana Electric Vehicle juga sudah mulai populer. Dilansir dari Carbuzz, Toyota berencana membuat EV small sedan dengan harga terjangkau untuk tahun depan. Untuk membantu produksinya, perusahaan tersebut menggaet partner otomotif lokal di China, BYD (Build Your Dream).

Sebelumnya, Toyota biasanya enggan melakukan partnership, kecuali bZ4X dan GR 86, dan lebih suka membuat in-house. Namun setelah beberapa tahun penuh frustasi dalam usaha mengembangkan EV yang murah dan nyaman untuk China, Toyota akhirnya memilih untuk bekerjasama dengan pihak luar.

BYD mulai terkenal pada tahun 2008 saat investor Amerika Warren Buffet membeli sahamnya sebanyak 10%. Sejak itu, pabrikan ini terus tumbuh hingga menjadi salah satu produsen kendaraan energi alternatif terbesar di dunia. Dalam kolaborasi ini, BYD akan bertanggung jawab untuk sisi komponen baterai, sedangkan Toyota mengembangkan desainnya.

Untuk mobil hasil kolaborasi mereka, tipe dan desainnya masih belum diumumkan. Namun dari banyak sumber, sudah ada sedikit gambaran konsepnya. Dikutip dari Reuters oleh CNN Indonesia, sekitar 2 dari 4 orang yang tahu tentang produk ini mnegatakan bahwa mobil itu adalah mobil berukuran ringkat yang kompetitip secara harga dan mengutamakan spek kenyamanan.

TOYOTA COROLLA SEDAN GR SPORT 

Sumber yang sama juga mengatakan bahwa sedan ini akan memakai terobosan terbaru dengan teknologi baterai Blade lithium-iron-phosphate (LFP) BYD yang lebih kecil dan murah. “Mobil itu diaktifkan dengan teknologi baterai BYD,” kata sumber tersebut dikutip dari Reuters. “Ini sedikit banyak membantu kami menyelesaikan tantangan yang kami hadapi dalam menghadirkan sedan listrik kecil yang harganya terjangkau dan interiornya lapang.”

Soal ukuran, mobil ini akan dibuat berdasarkan sedan Corolla dari Toyota dan berukuran sedikit lebih besar. Atau seperti yang dikatakan satu sumber dalam Carbuzz, “sebuah Corolla dengan bagian kursi belakang yang lebih besar.” Konsep versinya akan diperkenalkan pada Beijing Auto Show musim semi nanti.

Sedan listrik baru ini belum mendapatkan nama resmi. Namun ada kemungkinan besar sedan listrik ini akan melanjutkan seri “bZ”. Selain itu, mobil ini juga sangat kecil kemungkinan akan dijual keluar China. Di pasar China, mobil ini disebut akan berada di bawah EV kelas premium seperti TESLA (TSLA.O) model dan Nio ES6. Namun akan berada di atas Wuling Hong Guang Mini EV.

Berdasarkan CNN Indonesia, sedan Toyota x BYD ini akan dijual di bawah 200.000 yuan atau sekitar Rp 432 juta. Toyota sendiri disebut menolak untuk berkomentar tentang produk masa depan. Namun perusahaan jepang ini juga mengatakan mereka menargetkan setengah produk jualan mereka adalah EV pada tahun 2025 atau 5 tahun lebih cepat dari rencana awal 2030.

 

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

https://www.got.web.id/