Toyota Resmi Meluncurkan Aygo X, Mini Crossover Untuk Pasar Eropa

admin


Setelah dua generasi sebelumnya hadir dengan format citycar dengan tampilan yang imut, generasi terbaru Toyota Aygo hadir dengan konsep mini crossover dan penambahan nama X pada Toyota Aygo terbaru ini.

Autos.id – Baru-baru ini, Toyora di Eropa baru saja meluncurkan sebuah mini crossover untuk pasar benua Eropa dengan nama All New Toyota Aygo X. Mobil ini merupakan sebuah mini crossover yang berbasis dari citycar. Pada awal kemunculannya ditahun 2005 silam, Toyota Aygo merupakan mobil Kerjasama antara Citroen dan Peugeot dan tergabung dalam PSA Group untuk produksi city car dibenua biru tersebut.

Seperti yang dikutip dari Carscoops, Toyota Aygo saat ini sudah memasuki generasi ketiga. Dimana setelah generasi pertama diluncurkan ditahun 2005, generasi keduanya hadir ditahun 2014 meskipun tidak ada ubahan signifikan dari platform serta desain keseluruhan.

Dan generasi terbaru kali ini, Toyota Aygo hadir dengan ubahan yang jauh lebih radikal dan benar-benar berbeda bila dibandingkan pendahulunya. Bila sebelumnya merupakan sebuah city car dengan tampilan yang lebih imut, sekarang Toyota Aygo hadir dalam format mini crossover yang tetap berbasis dari citycar. Terlebih dengan penambahan huruf X pada Toyota Aygo yang memperkuat kesan yang lebih gagah dan sporty.

Menurut Andrea Carlucci, selaku Vice President Product and Marketing Toyota Europe menyebutkan bahwa mobil segmen A merupakan salah satu segmen yang cukup penting bagi Toyota dipasar Eropa. “Tidak hanya membawa pelanggan dan konsumen baru ke Toyota, tetapi kami juga berambisi memenuhi misi kami untuk menyediakan solusi mobilitas kepada siapa saja dengan mobil yang praktis dan fleksibel”, tambah Andrea.

Toyota New Global Architecture

Bila 2 generasi sebelumnya dari Toyota Aygo yang berbagi platform dengan Peugeot dan Citroen, maka Toyota Aygo X terbaru hadir dengan platform terbaru yang murni dari Toyota. Platform terbaru tersebut dinamakan Toyota New Global Archtecture (TNGA)-B. Platform TNGA-B ini merupakan platform yang sama persis dengan Toyota Yaris Cross. Dengan platform terbaru ini, membuat desain mobil menjadi lebih agresif dan sporty.

 

Dari segi dimensi sendiri, mobil ini memiliki panjang sekitar 3.700 mm, lebar 1.740 mm, serta tinggi 1.525 mm. Wheelbase dari mobil ini sekitar 2.430 mm. Dimensi tersebut bisa dibilang sangat kecil dan diklaim sangat cocok untuk berkendara didalam kota. Dan yang menarik adalah ground clearance yang lebih tinggi 11 mm dibanding Aygo yang standar.

Kemudian Toyota Aygi hadir dengan sejumlah pilihan warna yang cukup berani. Misalnya seperti orange, dan hijau gelap yang cukup unik. Kemudian mobil ini punya beberapa opsi aksesoris kelir yang bisa dipilih oleh konsumen seperti Cardamon, Chili, Ginger, serta Juniper. Serta penggunaan lampu depan dan belakang full LED dnegna tampilan grafis modern serta bentuk jendela samping yang menegaskan kesan sporty dan atraktif dari mobil ini.

Beralih kebagian interiornya, penggunaan interior warna hitam menjadi poin utamanya. Kemudian dipadukan dengan sentuhan warna yang disesuaikamn dengan kelir eksterior mobil yang bisa anda pilih membuat mobil ini memiliki kesan yang cukup unik dan antimainstream.

 

Beberapa Fitur Canggih

Toyota Aygo X hadir dengan segudang fitur cangih. Mulai dari sistem entertainment dengan layar sentuh berukuran 9 inch dan sudah terintegerasi dengan Toyota Smart Connect. Sistem entertainment tersebut pastinya juga sudah support Apple CarPlay dan Android Auto. Gak ketinggalan sistem entertainment ini juga bisa diupdate softwarenya secara berkala melalui Over The Air dan navigasi berbasis cloud.

Toyota Resmi Meluncurkan Aygo X, Sebuah Mini Crossover Untuk Pasar Eropa

Fitur safety aktif khas Toyota yaitu Toyota Safety Sense jelas juga sudah hadir sebagai standar. TSS sendiri terdidi dari Pre Collision System, Day and Night Pedestrian Detection, Daytime Cyclist Detection, Collision Mitigation Support, Adaptive Cruise Control, Lane Trace Assist serta Emergency Steering Assist.

Spesifikasi Mesin

Bila berbicara mengenai dapur pacunya sendiri, Toyota Aygo X ini hdir dengan pilihan mesin yang cukup compact, 1.000, 3 silinder, NA. Tenaga yang dihasilkan tergolong kecil di 71 Hp serta torsi 93 NM. Untuk pilihan transmisinya sendiri, Toyota Aygo X ini hadir dengan pilihan transmisi manual 5 speed dan transmisi otomatis S-CVT kedua roda depan. Klaim akselerasinya dari 0 hingga 100 km/jam tuntas dalam 15,6 dengan topspeed diangka 158 km/jam.

Toyota Resmi Meluncurkan Aygo X, Sebuah Mini Crossover Untuk Pasar Eropa

Rencananya Toyota Aygo X ini akan mulai dipasarkan dipasar Eropa paling cepat diawal tahun 2022 mendatang. Toyota Eropa sendiri belum menentukan harga pricelist resmi untuk Toyota Aygo X ini. Tetapi prediksi harga dari mobil ini mengingat mengincar pasar entry level, bila dikonversi ke Rupiah kurang lebih Toyota akan mematok harga dikisaran Rp 200 jutaan.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

https://www.got.web.id/