Waktu Yang Tepat Gunakan Lampu Hazard

admin


Penggunaan lampu Hazard yang benar dan di waktu yang tepat tentu akan mengurangi resiko terjadinya kecelakaan yang di sebabkan oleh lampu Hazard ini.

Autos.id – Di setiap mobil yang beredar di jalanan, secara standar sudah di bekali dengan lampu Hazard. Lampu Hazard sendiri akan memanfaatkan lampu sein yang akan menyala kedap-kedip secara bersamaan dan biasanya di gunakan dalam kondisi tertentu terutama saat darurat.

Meskipun fungsi utama dari lampu Hazard yang tepat adalah ketika di kondisi darurat, namun masih banyak yang menggunakan lampu Hazard di waktu yang salah.

Seperti yang banyak terjadi adalah penggunaan lampu Hazard saat berkendara di kondisi cuaca hujan deras. Jelas kegunaan lampu Hazard ketika berkendara di kondisi hujan deras sangatlah berbahaya karena akan mengganggu penglihatan pengendara sekitar. Sebaiknya ketika terjadi kondisi cuaca hujan cukup menyalakan lampu besar hingga fog lamp.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk menggunakan lampu Hazard ketika berkendara di jalan? Kali ini Autos.id akan menjelaskan kepada Anda kapan waktu yang tepat untuk Anda menggunakan lampu Hazard saat berkendara dengan mobil berikut ini.

1. Saat Dalam Kondisi Darurat

Ketika mobil Anda mengalami sesuatu di jalan dan memutuskan untuk menepi di pinggir jalan, penggunaan Hazard merupakan salah satu kewajiban yang perlu Anda lakukan. Selain menyalakan Hazard, penggunaan segitiga pengaman juga sangat penting untuk Anda gunakan ketika berada dalam kondisi darurat.

Misalnya saja ketika mobil Anda mengalami mogok, kecelakaan lalu lintas, hingga mengalami ban bocor, lampu Hazard justru wajib Anda nyalakan. Tujuannya agar pengendara sekitar Anda aware saat kondisi darurat dan pengendara lain bisa berkendara lebih hati-hati lagi.

2. Sebagai Tanda Peringatan

Selain sebagai tanda dalam kondisi darurat, penggunaan lampu Hazard juga sangat penting sebagai tanda peringatan bagi pengendara lain. Misalkan seperti mengerem mendadak atau menabrak sesuautu, barulah lampu Hazard bisa Anda gunakan.

Tujuannya adalah agar pengendara lain bisa terhindar dari resiko terjadi kecelakaan atau hal-hal yang tidak di inginkan lainnya. Dan yang penting juga akan meminimalisir jatuhnya korban yang tentu tidak ingin di alami baik bagi Anda maupun pengendara lainnya.

Also Read

Bagikan:

Tags

Tinggalkan komentar

https://www.got.web.id/